Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Punya Tombol Mirip "Retweet" Twitter, Begini Bentuknya

Kompas.com - 13/01/2022, 11:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi berbagi video pendek, TikTok kedatangan fitur baru, yaitu tombol "Repost".

Sesuai namanya, tombol Repost ini memungkinkan pengguna mem-posting ulang (repost) video yang ada di timeline for you page (FYP) TikTok.

Sekilas, tombol Repost ini memiliki kegunaan yang mirip dengan fitur "Retweet" di Twitter.

Pantauan KompasTekno pada Kamis (13/1/2022), fitur Repost TikTok ini sudah tersedia di aplikasi TikTok versi 22.8.4 di ponsel Android.

Pengguna bisa menemukan tombol Repost saat mengeklik menu "Share" (bagikan) pada video yang ada di FYP. Di kolom "Send to", pengguna akan menemukan tombol Repost berwarna kuning yang diwakilkan dengan ikon mirip retweet Twitter.

Menurut pengalaman KompasTekno, ketika tombol Repost diklik, akan muncul notifikasi berbunyi "Reposted. Let your friends know why you reposted this video" (Diposting ulang. Kasih tahu temanmu mengapa kamu mem-posting ulang video ini).

Di bawah notifikasi tersebut, terdapat sebuah kolom "Add your thoughts" (bagikan pikiranmu) di mana pengguna bisa menambahkan komentar atau emoji terkait video yang di-repost tadi.

Bila berubah pikiran, pengguna bisa menghapus video yang tadi di-repost dengan mengeklik "Remove repost".

Fitur Repost TikTok muncul di aplikasi TikTok versi 22.8.4 di ponsel Android.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Fitur Repost TikTok muncul di aplikasi TikTok versi 22.8.4 di ponsel Android.
Ketika me-repost video dari FYP TikTok, video tersebut tidak akan ikut muncul di profil TikTok pengguna.

Hal ini berbeda dengan fitur retweet di Twitter, di mana setiap twit yang di-retweet pengguna akan muncul di timeline pengikut (follower) sekaligus di profile Twitter pengguna yang melakukan retweet.

Menurut laporan outlet media TechCrunch, memang video hasil repost di TikTok hanya akan muncul di timeline follower pengguna saja, dan tidak akan ditampilkan di profil TikTok pengguna yang melakukan repost.

Selain itu, tombol Repost juga tidak tersedia pada seluruh video yang ada di TikTok.

Pantaun KompasTekno, fitur Repost TikTok hanya tersedia pada video yang muncul di FYP. Sementara video TikTok yang muncul di timeline "following" dan Discover tidak bisa di-posting ulang dengan fitur Repost ini.

Hal tersebut agaknya bertujuan agar kreator konten tidak memanfaatkan fitur Repost TikTok ini hanya untuk mempromosikan video dari sesama kreator konten saja.

Sehingga membuat view dan engagement video kreator konten itu semakin meningkat, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Kamis.

Baca juga: Cara Dapatkan Kuota TikTok 10 GB Gratis dari Indosat dan Tri

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com