Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hapus E-mail di Gmail Secara Otomatis

Kompas.com - 13/01/2022, 13:45 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Pernah kesal dengan e-mail di Gmail yang menumpuk? Apalagi jika sebagian besar adalah e-mail yang tidak diinginkan alias spam.

E-mail yang tidak diinginkan misalnya saja pesan berisi promosi dari sebuah produk atau layanan. Bisa juga berupa mailbomb atau bom e-mail yang membanjiri kotak masuk (inbox) pengguna.

Selain itu, e-mail yang tidak diinginkan bisa jadi adalah pesan yang menyalahgunakan kebijakan Gmail dan berpotensi membahayakan pengguna. Untuk itu, penting bagi pengguna Gmail untuk membersihkan e-mail yang tidak diinginkan.

Baca juga: Cara Akses Google Meet lewat Gmail di HP

Untungnya, ada cara jitu untuk menghapus spam di Gmail secara otomatis. Dengan cara ini, membersihkan e-mail yang tidak diinginkan menjadi lebih cepat dan tidak memakan banyak waktu.

Cara hapus spam yang menumpuk di Gmail cukup mudah. Berikut ini KompasTekno rangkum bagaimana cara menghapus e-mail yang tidak diinginkan di Gmail secara otomatis.

Baca juga: Gmail Punya Fitur Pencegah Salah Kirim E-Mail

Cara hapus e-mail yang tidak diinginkan di Gmail secara otomatis 

Cara hapus e-mail yang tidak diinginkan di Gmail secara otomatis bisa dilakukan lewat PC atau ponsel. Berikut langkahnya:

Cara Menghapus Otomatis E-mail yang Tidak Diinginkan di Gmail Kompas.com/ Soffya Ranti Cara Menghapus Otomatis E-mail yang Tidak Diinginkan di Gmail

  • Buka Gmail melalui PC atau ponsel Anda
  • Log in ke akun Gmail
  • Ketuk ikon “Tampilkan opsi penelusuran” yang berada di sebelah kanan kolom pencarian
  • Ketik nama pengirim di kolom “Dari”, di sini Anda harus mengetahui nama pengirim e-mail yang tidak Anda inginkan. Misalnya nama sebuah produk atau layanan
  • Setelah itu klik “Buat filter”
  • Centang bagian filter “Hapus”
  • Kemudian klik “Buat filter” kembali
  • Selesai, kini e-mail yang tidak diinginkan akan terhapus secara otomatis

Baca juga: Cara Membuat Balasan E-mail secara Otomatis di Gmail Saat Cuti

Selain memilih filter "hapus", pengguna juga dapat menandai pesan tersebut untuk tidak mengirimkan spam lagi ke inbox, menandai pesan yang telah dibaca secara otomatis, menandai pesan penting secara otomatis, dan lain sebagainya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Membersihkan e-mail yang tidak diinginkan juga akan membuat kapasitas inbox Gmail menjadi lebih lega. Itulah cara menghapus e-mail yang tidak diinginkan di Gmail secara otomatis. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com