Android 13 Bakal Mudahkan Transfer File dengan Sekali "Tap"?

Kompas.com - 13/01/2022, 14:01 WIB
Android 13 disebut bakal pakai nama Tiramisu. IstimewaAndroid 13 disebut bakal pakai nama Tiramisu.

KOMPAS.com - Google sedang mengembangkan sistem operasi anyar Android 13 yang rencananya akan dirilis tahun ini. Kendati demikian, bocoran soal bakal fiturnya sudah mengemuka di internet.

Bocoran terbaru menyebut bahwa Android 13 akan dibekali fitur transfer file dengan cara yang lebih sederhana. Fitur ini untuk sementara diberi nama "Media TTT" (tap to transfer).

Singkatnya, fitur ini akan memudahkan pengguna untuk mengirim file media, yakni audio, dengan cara mendekatkan ponsel ke perangkat lain yang terdekat dengan sekali "tap" (ketuk).

Dalam gambar tangkapan layar (screenshot) yang diperoleh Android Police dari sumber yang tidak disebutkan, tampak sebuah demo berupa mock up (gambar yang menyerupai hasil final) dari antarmuka Android 13.

Baca juga: Android 13 Akan Diberi Nama Tiramisu?

Tangkapan layar fitur MTTT yang disebut akan memudahkan transfer file dengan ketukkan di Android 13.Android Police Tangkapan layar fitur MTTT yang disebut akan memudahkan transfer file dengan ketukkan di Android 13.

Mock up itu turut memberikan gambaran bagaimana alur fitur Media TTT berjalan, meskipun tidak detail.

Nantinya, fitur Media TTT memungkinkan pengguna untuk memindahkan file antar ponsel Android atau ke perangkat lainnya seperti speaker, smart TV, dan sebagainya.

Lebih spesifik, file yang ditransfer dalam demo tersebut adalah file media berupa audio.

Baca juga: Android 12 Resmi Dirilis, Ini Daftar Ponsel yang Pertama Kebagian

Dalam tangkapan layar itu terlihat notifikasi pop-up di sisi atas yang meminta pengguna untuk mendekatkan ponsel ke perangkat penerima untuk "memutar di DEMO".

Ketika permintaan diterima, berkas audio akan ditransfer. Pengguna juga dapat membatalkannya dengan menekan opsi "undo" (batal).

Screenshot fitur Media TTT Android 13Android Police Screenshot fitur Media TTT Android 13

Belum banyak yang diketahui tentang fitur ini termasuk teknologi apa yang digunakan untuk transfer. Menilik bocorannya, fitur ini mungkin akan mengandalkan teknologi seperti Near Field Communicatio (NFC) atau atau Ultra Wideband (UWB), sebagaimana KompasTekno rangkum dari Android Police, Kamis (13/1/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.