Ghozali Everyday Jual NFT Foto Selfie, Harga Tertinggi Tembus Rp 3 Triliun

Kompas.com - 13/01/2022, 15:45 WIB

KOMPAS.com - Jagat maya Indonesia belakangan ini dihebohkan oleh seorang pemuda bernama Ghozali yang menjual foto selfie dirinya sebagai Non Fungible Token alias NFT.

NFT adalah sebuah token kriptografi yang mewakili suatu barang yang dianggap unik. Dengan memiliki aset NFT, pemilik seperti memiliki karya seni atau barang antik. Sederhananya, NFT ibarat sertifikat atas karya tersebut dan pemilik bisa menjualnya.

Dalam kasus Ghozali, "barang antik" di sini adalah kumpulan foto selfie Ghozali yang dijual di marketplace NFT populer, OpenSea. Kurang lebih, ada 933 buah foto selfie Ghozali. Koleksi ratusan NFT foto selfie Ghozali itu diberi nama "Ghozali Everyday".

Baca juga: Apa Itu NFT, Aset Kripto yang Tengah Naik Daun

Di laman Opensea miliknya, Ghozali memberikan deskripsi singkat soal NFT Ghozali Everyday yang dijualnya itu. Ternyata, foto selfie yang jumlahnya hampir 1.000 buah itu dikumpulkan Ghozali sejak 2017 silam, saat usianya masih 18 tahun.

"Saya mengambil foto diri saya sejak saya berusia 18 hingga 22 tahun (2017-2021). Itu benar-benar gambar saya yang berdiri di depan komputer hari demi hari," tulis Ghozali.

Dalam riwayat aktivitas penjualan, Ghozali pertama kali tercatat menjual NFT Ghozali Everyday pada Senin (10/1/2022). Ketika itu, NFT foto selfie Ghozali memiliki floor price sebesar 0,001 ETH (Ethereum) atau kira-kira hampir Rp 48.000.

Menurut laman resmi OpenSea, floor price sendiri adalah harga terendah untuk satu item dalam koleksi, yang diperbarui secara real-time oleh OpenSea.

Baca juga: Transaksi Jual-Beli Karya Digital NFT Tembus Rp 152 Triliun

Namun, pantauan KompasTekno pada Kamis (13/1/2022) siang pukul 11.30 WIB, floor price untuk NFT Ghozali Everyday sudah melejit, yakni dijual paling murah seharga sekitar 0,3 ETH atau setara Rp 14,3 juta untuk satu foto selfie.

Sementara foto selfie dari koleksi Ghozali Everyday paling mahal dijual sebesar 66.346 ETH (setara Rp 3,1 triliun).

Foto selfie itu adalah item "Ghozali_Ghozalu #528" yang kini dimiliki dan dijual kembali oleh pengguna OpenSea dengan username "sonbook".

Ilustrasi Ghozali_Ghozalu #528, item paling mahal yang dijual NFT Ghozali Everyday di Opensea dan kini dimiliki pengguna lain bernama sonbook.
Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Ilustrasi Ghozali_Ghozalu #528, item paling mahal yang dijual NFT Ghozali Everyday di Opensea dan kini dimiliki pengguna lain bernama sonbook.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.