Begini Tampilan IG Stories ala TikTok, Geser ke Atas-Bawah

Kompas.com - 14/01/2022, 07:04 WIB

KOMPAS.com - Instagram telah mengonfirmasi sedang mengembangkan prototipe (purwarupa) fitur Stories baru sejak awal 2021.

Alih-alih swipe (geser) ke kanan atau kiri seperti saat ini, linimasa Instagram Stories sedang diuji coba untuk dapat digeser secara vertikal. Praktik menggulir linimasa secara vertikal (atas ke bawah) ini mirip dengan scrolling konten di aplikasi pesaing Instagram, TikTok.

Meski sudah dikonfirmasi sejak tahun lalu, prototipe tampilan Instagram Stories yang bisa di-swipe secara vertikal itu, kini baru terungkap.

Informasi yang dibagikan konsultan media sosial, Matt Navarra, sejumlah pengguna di Turki mendapati desain Instagram Stories yang baru. Desain ini disebut sedang diuji coba pada sejumlah kecil pengguna di negara tersebut.

Baca juga: Instagram Bakal Sediakan 3 Pilihan Urutan Postingan Berbeda, Ini Tampilannya

Dari video yang dibagikan Navvara, antarmuka Instagram Stories tak banyak berbeda dengan saat ini. Stories milik satu akun dapat dilihat dengan cara yang sama seperti saat ini, yaitu diketuk (tap) di kanan atau kiri layar.

Perbedaannya adalah ketika pengguna berpindah dari satu akun ke akun lain untuk melihat stories-nya. Perpindahan dari satu akun ke akun lain ini kini menggunakan mekanisme swipe ke atas atau bawah.

Saat ini, untuk berpindah dari satu akun ke akun lain, pengguan instagram biasanya menggeser layar (bukan mengetuk) ke kanan atau kiri.

Praktik swipe atas/bawah untuk berpindah melihat stories dari akun berbeda ini mirip dengan mekanisme perpindahan antar-konten Instagram Reels saat ini.

Dikutip KompasTekno dari 9to5Mac, Jumat (14/1/2022), selain Turki, negara lain yang juga kebagian pengujian swipe vertikal adalah Brasil. Jurnalis Thássius Veloso mendapati perpindahan stories antar-akun secara vertikal.

Fokus video pada 2022

Pada tahun 2022 ini, CEO Instagram, Adam Mosseri telah mengungkapkan fokus utama Instagram adalah video dan transparansi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.