Kompas.com - 14/01/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Peripheral Component Interconnect Special Interest Group (PCI-SIG), organisasi non-profit yang bertanggung jawab menentukan spesifikasi port PCI, PCI-X serta PCI Express (PCIe), mengumumkan standar baru PCIe 6.0 versi final.

Untuk diketahui, PCIe adalah salah satu bagian motherboard komputer yang berperan sebagai port atau solusi interkoneksi, untuk menghubungkan antar-komponen tertentu di komputer.

Dirilis kurang dari tiga tahun setelah PCIe 5.0 dikenalkan, PCIe 6.0 diklaim bisa memberikan kecepatan data hingga 64 GT/s (Gigatransfer per detik) dan transfer rate 256 GB/s bandwidth dua arah pada slot x16 (128 GB/s dalam satu arah).

Baca juga: Melihat Sejarah Mouse Komputer, Berawal dari Kotak Kayu Beroda Besi

Kecepatan PCIe 6.0 ini dua kali lipat dibanding kecepatan standar PCIe 5.0 sebelumnya (32 GT/s), sesuai dengan pakem/tradisi selama ini, yang meningkatkan bandwidth dua kali lipat dalam tiga tahun.

Untuk mencapai kecepatan sembari menjaga efisiensi, PCI-SIG mengadopsi pensinyalan Pulse Amplitude Modulation 4 Level (PAM4), Forward Error Correction (FEC), hingga Cycling Redundancy Check (CRC), sehingga diklaim tidak memengaruhi latensi.

Menurut PCI-SIG, PCIe 6.0 menjadi solusi interkoneksi hemat biaya, khususnya bagi pasar data intens seperti pusat data, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), machine learning, High Performance Computing (HPC), otomotif, IoT dan militer/kedirgantaraan.

"Sekaligus melindungi investasi industri dengan mempertahankan kompatibilitas pada teknologi PCIe generasi sebelumnya," kata Al Yanes, Ketua dan Presiden PCI-SGI dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (14/1/2022).

Sesuai kutipan Yanes, konsumen ke depannya dapat menggunakan PCI 6.0 pada perangkat yang mendukung PCIe 5.0, alias backward compatible, sehingga memudahkan proses transisi maupun adopsi standar baru interkoneksi ini.

Baca juga: Cara Membersihkan Cache di Windows 10 agar Komputer Lebih Cepat

Mengingat kompleksnya PCIe 6.0, adopsi standar interkoneksi ini pada tahap awal baru akan dipakai pada HPC serta pusat data (data center) saja, baru ke perangkat-perangkat yang lebih luas, seperti komputer pribadi.

Perangkat dengan standar PCIe 6.0 diperkirakan baru tersedia pada 12 hingga 18 bulan yang akan datang, mengingat SSD dengan PCIe 5.0 baru dikenalkan di ajang CES 2022 awal Januari ini.

Sementara penerapan PCIe 6.0 pada server kemungkinan dimulai pada 2023. Sedangkan bagi konsumen umum, perangkat interkoneksi generasi baru ini diperkirakan tersedia di pasaran pada 2024 atau 2025.

Untuk sementara, PCIe 5.0 sudah mencukupi kebutuhan saat ini. Contohnya, SSD Samsung terbaru dengan PCIe 5.0 mampu menangani kecepatan transfer 3.000 MBps, yang sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan kasual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.