Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar iPhone 14 Pro Bakal Punya Dua Lubang Kamera?

Kompas.com - 14/01/2022, 11:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama beberapa tahun, iPhone tampil dengan layar berponi (notch). Dimulai dari iPhone X (2017) hingga yang terbaru iPhone 13 series (2021).

Namun desain poni yang dipopulerkan Apple ini kemungkinan akan berubah pada iPhone generasi mendatang, dimulai dari iPhone 14. Menurut rumor terbaru, iPhone 14 yang kemungkinan akan dirilis tahun ini, akan memiliki desain punch hole (layar berlubang).

Rumor itu dihembuskan oleh CEO Display Supply Chain Consultants (DSCC), Ross Young, yang juga dikenal sebagai salah satu pembocor gadget ternama.

Young meyakini layar iPhone 14 Pro akan tampil dengan  dua lubang layar, yakni sebuah lubang bulat dan satu lubang lain berbentuk pil.

Baca juga: iPhone 13 Belum Dirilis, Bocoran iPhone 14 Sudah Bikin Heboh

Dua lubang itu berikuran jauh lebih kecil dibanding poni yang ada di iPhone selama ini. Sehingga layar akan tampak lebih luas.

"Kini kami percya Apple akan memiliki desain lubang dan pil untuk model iPhone 12 Pro dan Pro Max. Lubang yang kecil tidak akan begitu terlihat. Konsep dua lubang ini akan unik bagi Apple, sebagaimana poni, bentuk lubang pilnya tidak sama seperti semua model lubang dari Huawei," kata Ross Young dalam twitnya.

Dalam unggahan yang sama, Young juga menunjukkan gambar render iPhone Pro dengan dua lubang layar, yang sebelumnya dibagikan di Twitter oleh ShrimpApplePro dengan handle @VNchocoTaco.

Lubang layar ini akan menampung berbagai sensor dan kamera depan ponsel. Menurut Young, lubang layar berbentuk pil akan menampung kamera depan serta sensor inframerah.

Sementara itu lubang layar yang bulat akan menjadi rumah dot projector (proyektor) Face ID, yang bertugas memproyeksikan titik inframerah untuk mengenali wajah pengguna.

Baca juga: Beli iPhone 13 Sekarang atau Tunggu iPhone 14?

Jika bocoran dari Ross Young akurat, ini sekaligus menjadi jawaban atas rumor yang menyebutkan Apple akan merombak dan memindahkan sejumlah sensor Face ID ke bawah layar.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Apple akan memindahkan sensor Face ID ke bawah layar iPhone 14. Namun tentu saja, kepastiannya baru bisa dilihat di acara peluncuran nanti.

Untuk layar iPhone 14 Pro yang disebut akan mengusung desain punch hole ini, kabarnya akan dipasok oleh Samsung.

Rumor ini datang dari media Business Korea, yang menyebut tiga vendor potensial yang memasok layar bolong iPhone 14 Pro. Selain Samsung, nama pemasok lain yang disebut dalam laporan itu adalah LG dan BOE (Best on Earth).

Baca juga: Layar Bolong iPhone 14 Pro Dibuat Samsung?

iPhone 14 sendiri dilaporkan akan hadir dalam dua model, terdiri dari iPhone 14 6,1 inci dan iPhone 14 Max 6,7 inci. Begitu pula dengan iPhone 14 Pro yang disebut akan hadir dalam dua model, mecakup iPhone 14 Pro 6,1 inci dan iPhone 14 Pro Max 6,7 inci.

Dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (13/1/2022), iPhone 14 model Pro kemungkinan hadir dengan kamera utama 48 MP.

Resolusi ini meningkat dibanding iPhone 13 Pro yang memiliki resolusi kamera 12 MP. Dapur pacunya disebut akan ditopang oleh chip A16 Bionic besutan Apple.

Belum diketahui kapan Apple akan merilis iPhone 14. Namun menengok riwayat peluncuran iPhone generasi sebelumnya, kemungkinan lini iPhone 14 akan diperkenalkan akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com