Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Salip TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Di-download

Kompas.com - 14/01/2022, 12:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Aplikasi berbagi foto dan video milik Meta (dulu Facebook Inc.), Instagram berhasil mengalahkan dominasi TikTok pada kuartal keempat 2021.

Menurut laporan terbaru firma riset Sensor Tower, Instagram menjadi aplikasi paling banyak diunduh pada kuartal terakhir 2021.

Instagram mengalahkan TikTok yang mendominasi sebagai aplikasi paling banyak di-download pada 2020 dan semester awal (Januari-Juli) 2021.

"Instagram baru saja mencapai kuartal terbaiknya setidaknya sejak 2014, dengan pemasangan (install) aplikasi naik 10 persen dibandingkan kuartal ketiga 2021," tulis Sensor Tower.

Baca juga: Instagram Uji Coba Tampilan Feed Berdasarkan Urutan Waktu

Dengan kenaikan tersebut, Sensor Tower mengungkapkan, Instagram menempati posisi pertama sebagai aplikasi yang paling banyak di-download secara global.

Sensor Tower tidak memberikan angka spesifik berapa total unduhan aplikasi Instagram untuk kuartal IV-2021.

Namun, dari grafik yang disertakan dalam laporan Sensor Tower, total unduhan gabungan aplikasi Instagram di toko aplikasi Apple App Store di Google Play Store terlihat mencapai sekitar 175 juta unduhan.

TikTok mengekor Instagram menempati posisi kedua sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh secara global pada kuartal terakhir 2021.

Dalam grafik yang sama, jumlah unduhan gabungan aplikasi miliki ByteDance di App Store dan Play Store ini hanya kalah tipis dari Instagram, sekitar lebih dari 170 juta unduhan.

Dari laporan Sensor Tower, aplikasi yang paling banyak diunduh setelah Instagram dan TikTok pada periode paruh keempat 2021 ini, secara berturut-turut adalah Facebook, WhatsApp, Telegram, Snapchat, Messenger, Shopee, Meesho, Spotify, CapCut, dan Zoom.

Sensor Tower mengungkapkan, secara keseluruhan, total unduhan seluruh aplikasi di App Store dan Google Store secara global tembus 36,1 miliar unduhan pada kuartal IV-2021 ini.

Angka itu naik 2,7 persen dari periode yang sama tahun lalu, (year-on-year/tahun ke tahun).

Baca juga: Gerah, Meta Tuntut Situs Palsu Facebook, WhatsApp, dan Instagram

Aplikasi yang paling banyak diunduh secara global pada kuartal IV-2021.Sensor Tower Aplikasi yang paling banyak diunduh secara global pada kuartal IV-2021.
Gara-gara TikTok diblokir di India

Sensor Tower mencatat, ini merupakan yang kedua kalinya TikTok tidak berada di posisi teratas sebagai aplikasi yang paling banyak di-download secara global dalam dua tahun terakhir.

Sebelum digeser Instagram pada kuartal IV-2021, TikTok juga pernah dikalahkan oleh Zoom di masa awal pandemi atau pada paruh kedua 2020.

Pada kuartal IV-2021 ini, Instagram mengalahkan dominasi TikTok agaknya karena turut didongkrak oleh keputusan India untuk melarang aplikasi TikTok di negaranya.

Halaman:
Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com