Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baby Shark Pecahkan Rekor YouTube, Jadi Video Pertama yang Ditonton 10 Miliar Kali

Kompas.com - 14/01/2022, 13:08 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Lagu anak-anak Baby Shark yang mulai populer sejak beberapa tahun lalu mencetak rekor baru. Baby Shark menjadi video pertama yang berhasil mencapai 10 miliar penayangan (views) di YouTube.

Hingga berita ini ditulis, Jumat (14/1/2022), lagu dengan lirik "Baby shark, doo, doo, doo, doo, doo, doo" itu sudah ditonton sebanyak 10,005 miliar kali di YouTube.

Video musik Baby Shark yang berdurasi 2 menit 16 detik ini sendiri pertama kali diunggah di YouTube oleh perusahaan rekaman asal Korea Selatan, Pinkfong, pada 18 Juni 2016 lalu.

Kabar pencapaian baru Baby Shark ini juga telah diumumkan oleh Pinkfong melalui akun Twitter resminya.

Baca juga: Geser Despacito, Video Baby Shark Pecahkan Rekor YouTube

"Hari ini kami menciptakan tonggak sejarah baru dengan pencapaian kami! 'Baby Shark Dance' menjadi video pertama dalam sejarah yang mencapai 10 miliar penayangan di YouTube!" kicau akun @Pinkfong.

Rekor baru ini tercipta hanya berselang sekitar satu tahun saja setelah Baby Shark dinobatkan sebagai video yang paling banyak ditonton di YouTube pada November 2020 lalu.

Ketika itu, Baby Shark sudah ditonton 7,048 miliar kali di YouTube, melampaui video musik "Despacito". Itu artinya, bila dihitung, Baby Shark ditonton sebanyak 3 miliar kali hanya dalam waktu sekitar 1 tahun 3 bulan.

Dengan lebih dari 10 miliar penayangan, Baby Shark kembali mengukuhkan posisinya sebagai video yang paling banyak ditonton di YouTube hingga saat ini.

Rekor baru ini juga semakin melebarkan jarak antara Baby Shark dengan Despacito yang notabene merupakan video paling banyak ditonton nomor dua di YouTube.

Kini, lagu Despacito yang dinyanyikan oleh Luis Fonsi featuring Daddy Yankee itu telah ditonton sebanyak 7,7 miliar kali di YouTube.

Baca juga: YouTube Diramal Jadi Raja Streaming Tahun Ini, Kalahkan Netflix

Dari musik sampai NFT Baby Shark

Video musik Baby Shark pertama kali diunggah di YouTube oleh perusahaan rekaman asal Korea Selatan, Pinkfong pada 18 Juni 2016 lalu. Lagu ini dibawakan oleh penyanyi cilik berdarah Korea-Amerika bernama Hope Segoine, yang kala itu berusia 10 tahun.

Setelah dirilis, lagu Baby Shark tidak langsung booming dan populer. Dua tahun setelah diunggah di Youtube, lagu dengan lirik "Baby shark, doo, doo, doo, doo, doo, doo" barulah booming.

Awal mulanya, lagu Baby Shark berhasil masuk ke dalam daftar tangga lagu bergengsi dunia, Billboard Hot 100 di posisi 32 pada 12 Januari 2019.

Dari situ kemudian muncul tantangan tari bernama Baby Shark Challenge di media sosial.

#BabySharkChallenge dilaporkan pertama kali menjadi viral di Asia. Setelah itu, tren #BabySharkChalleng ini menyebar ke seluruh dunia.

Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com