Inilah Benco V80s, Smartphone Tanpa Kamera dan GPS untuk Privasi Pengguna

Kompas.com - 14/01/2022, 14:16 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Vendor smartphone biasanya saling berlomba membuat ponsel dengan kamera yang canggih dan sensor besar. Namun, beda cerita dengan Benco, produsen smartphone asal China.

Benco merilis ponsel bernama Benco V80s yang tampil tanpa kamera dan GPS. Alasannya, Benco ingin membuat perangkat yang fokus untuk melindungi privasi dan keamanan pengguna.

"Dengan desain ini, Anda dapat menikmati kehidupan yang lebih aman dan bebas tanpa khawatir akan malware yang memantau dari kamera atau lokasi GPS," demikian keterangan Benco Mobile di situs resminya.

Dengan absennya kamera, pengguna tidak perlu khawatir adanya malware "mata-mata" yang bisa mengakses kamera tanpa izin. Penjahat siber juga tidak dapat mengakses data lokasi, karena tak ada dukungan chip GPS di V80s.

Baca juga: Dua Ponsel Misterius Realme Siap Masuk Indonesia, Realme 9 Pro?

Sekilas tampilan Benco V80s memang seperti smartphone pada umumnya. Di bagian depan terlihat adanya poni (notch) layar. Namun, alih-alih kamera depan, notch tersebut menampung beberapa sensor seperti sensor carak dan cahaya.

Layarnya memiliki bentang 6,5 inci dengan rasio aspek 20:9 dan mampu menampilkan resolusi 1600 x 720 piksel.

Dapur pacu Benco V80s ditenagai oleh chipset octa-core Unisoc SC9863A dengan clockspeed 1,6 GHz.

Chipset ini disandingkan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB. Ada pula opsi konfigurasi 3 GB/32 GB. Pengguna juga dapat memperluas penyimpanan menggunakan slot microSD. Baterainya memiliki kapasitas 5.000 mAh.

Baca juga: Selamat Tinggal BlackBerry OS dan Ponsel BlackBerry Lawas

Fitur lainnya yang ditawarkan Benco V80s yaitu dukungan jaringan 4G, wifi dual-band, pemindai sidik jari di bagian punggung serta dukungan kartu SIM ganda.

Ponsel yang dipasarkan di China ini berjalan menggunakan sistem operasi Android 11. Benco V80s hadir dalam warna biru dan silver. Namun, perusahaan belum mengumumkan harga maupun ketersediaan Benco V80s.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.