Kompas.com - 14/01/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Non Fungible Token (NFT) belakangan menjadi tren di dunia, bahkan Indonesia. NFT yang sudah ada sejak tahun 2014 ini adalah sebuah teknologi kripto, semacam sertifikat digital yang menyatakan kepemilikan sebuah karya berupa foto, video, atau bentuk virtual lainnya.

Aset-aset dengan NFT akan tercatat dalam blockchain, semacam “buku besar” digital yang mirip dengan jaringan (network) yang mendukung Ethereum, Bitcoin, dan mata aset kripto lainnya.

Ketika NFT sudah dienkripsi di blockchain pada suatu hal, maka hal tersebut tak lagi bisa direplikasi atau diduplikasi.

Di Indonesia sendiri, baru-baru ini dihebohkan dengan seorang pemuda asal Semarang bernama Ghozali yang meraup miliaran rupiah dari bisnis NFT yang dijalankannya.

Baca juga: Apa Itu NFT, Aset Kripto yang Tengah Naik Daun

Ia menjual NFT Ghozali Everyday, yang merupakan kumpulan foto selfie dirinya sejak tahun 2017-2021. NFT foto selfie itu dijual di marketplace NFT, Opensea.

Dalam kurun waktu setahun pun bahkan terdapat beberapa NFT terjual dengan harga yang cukup fantastis.

Selain NFT Ghozali yang dijual hingga miliaran, berikut ini KompasTekno merangkum 10 daftar NFT termahal di dunia yang pernah dijual, dihimpun dari Dexerto, Jumat (14/1/2022).

1. CryptoPunk #5217

NFT cryptopunkdexerto NFT cryptopunk

Urutan pertama daftar NFT termahal datang dari CryptoPunk. NFT ini merupakan karya seni berupa gambar seekor kera dengan topi rajut dan rantai emas.

Baca juga: Adidas Luncurkan NFT, Beli Lahan Virtual di Game The Sandbox

NFT ini termasuk paling langka di pasar dan tercatat dijual seharga 5,59 juta dollar AS atau setara dengan Rp 80 miliar.

Halaman:
Sumber dexarto


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.