Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Artis dan Tokoh Indonesia yang Ikut Tren NFT

Kompas.com - 14/01/2022, 19:43 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aset digital yang bisa diperjualbelikan dan dilacak kepemilikannya melalui teknologi blockchain, alias non-fungible token (NFT) belakangan tengah naik daun.

Bahkan, istilah NFT semakin melejit di Indonesia setelah seorang pemuda bernama Ghozali menjadikan tiap foto selfie yang ia ambil setiap hari sejak 2017 hingga 2021 lalu dijual menjadi aset NFT.

Selain Ghozali, beberapa pesohor Tanah Air juga tampaknya mulai menyelami tren NFT dengan menjual berbagai karya atau hal lainnya secara digital.

Baca juga: Tips Menjual NFT agar Cuan Seperti Ghozali Everyday

Nah, kali ini KompasTekno ingin memaparkan sejumlah artis lokal Indonesia yang terjun ke dunia NFT. Siapa saja?

Simak daftarnya berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari berbagai sumber, Jumat (14/1/2022).

1. Luna Maya

Luna Maya Tampil di New York Fashion Week 2022. Luna Maya bicara soal kedekatannya dengan pria. Luna Maya Tampil di New York Fashion Week 2022. Luna Maya bicara soal kedekatannya dengan pria.

Pada Juni 2021 lalu, aktris Luna Maya digandeng kreator NFT asal Jepang, Tokau untuk meluncurkan karya digital dalam jumlah terbatas, yaitu 10 item.

Aset NFT tersebut lantas dijual melalui salah satu platform NFT populer, Bakery Swap. Selain di sana, aset NFT Luna Maya juga dijual di platform NFT lainnya seperti Binance.

Di Binance, karya NFT buatan Tokau berjudul "Luna Maya 'Queen of the Moon'" dijual dengan harga mulai dari 5 Binance Coin (BNB) atau sekitar Rp 34 juta.

2. Syahrini

Penyanyi Syahrini berpose dalam akun Instagram-nya.Instagram/Syahrini Penyanyi Syahrini berpose dalam akun Instagram-nya.

Pada 14 Desember 2021 lalu, penyanyi Syahrini meluncurkan aset NFT pertamanya yang berjudul "Syahrini's Metaverse Tour".

Tidak hanya satu, ada 17.800 unit aset NFT yang dijual Syahrini melalui platform NFT Binance, yang masing-masing dibanderol dengan harga 20 Binance USD (BUSD) atau sekitar Rp 286.000.

Baca juga: Ini 10 Daftar NFT Termahal di Dunia

Beberapa jam setelah meluncur, pelantun lagu Jangan Memilih Aku tersebut mengeklaim bahwa belasan ribu aset NFT yang dilego di Binance ludes terjual.

3. Anang Hermansyah

Anang HermansyahYouTube AH Anang Hermansyah

Setelah Luna Maya dan Syahrini, musisi Anang Hermansyah bersama istrinya, Ashanty, juga berencana untuk meluncurkan pasar NFT mereka yang bakal mengusung nama ASIX.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com