5 Cara Merawat Earphone yang Benar agar Tidak Mudah Rusak

Kompas.com - 18/01/2022, 14:45 WIB

KOMPAS.com - Perangkat penyuara telinga alias earphone menjadi salah satu aksesori gadget yang cukup populer. Earphone berfungsi untuk mendengarkan output audio dari perangkat smartphone, laptop, ataupun PC.

Pengguna biasanya memasang sepasang earphone saat menerima panggilan telepon atau video call. Terkadang, mereka juga menggunakannya untuk sekadar mendengarkan musik atau menonton video maupun film di ponsel atau PC.

Penggunaan earphone yang cukup sering tentu akan mengurangi kualitasnya seiring waktu. Bahkan, earphone bisa cepat rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Kerusakan yang umum terjadi adalah kualitas audio yang menurun atau kabel earphone yang mengelupas. Kasus terakhir biasanya terjadi di earphone yang masih menggunakan kabel.

Baca juga: Inspirasi Star Wars di Balik Earphone Ikonik Apple

Hal itu bisa terjadi karena earphone sering diletakkan sembarang, tidak mencabutnya dari lubang jack, atau sama sekali tidak pernah membersihkannya.

Ada beberapa cara merawat earphone dengan benar agar tidak mudah rusak. Merawat earphone bisa membuat kualitas output audio tetap baik dalam waktu yang lebih lama dan meminimalisasi kerusakan fisiknya.

Berikut ini KompasTekno akan merangkum cara merawat earphone dengan benar agar tidak mudah rusak.

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Earphone TWS yang Kotor

1. Simpan di casing khusus earphone setelah digunakan

Cara merawat earphone dengan benar yang pertama adalah menyimpannya dengan baik. cara ini bisa dilakukan untuk earphone berkabel yang seringnya tidak dilengkapi dengan casing bawaan, sebagaiman earphone nirkabel.

Setelah menggunakan earphone, segera gulung kabel earphone dengan baik dan masukkan ke casing khusus earphone yang biasanya berbentuk seperti dompet kecil. Casing ini bisa dibeli di e-commerce dengan harga bervariasi.

Earphone yang tersimpan rapi akan menghindari kabel terurai dan menyebabkannya mudah putus atau rusak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.