Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu GetContact dan Bagaimana Cara Mendaftarnya?

Kompas.com - Diperbarui 25/03/2024, 07:52 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber getcontact

KOMPAS.com - Apa itu GetContact? GetContact merupakan aplikasi untuk identifikasi nomor telepon, sekaligus memblokir panggilan spam.

Jadi, apabila ada panggilan nomor asing yang masuk, GetContact akan megindentifikasikan nomor tersebut sesuai database yang dimiliki.

Adapun database GetContact dikumpulkan lewat cara crowdsourcing (urun daya). Crowdsourcing atau urun daya adalah proses untuk mendapatkan ide, layanan atau konten tertentu dengan cara meminta bantuan orang lain secara massal lewat lewat komunitas daring.

Sederhananya, GetContact akan mengumpulkan riwayat bagaimana pengguna yang sudah ada, memberikan nama atau tagging pada sebuah nomor atau kontak.

Baca juga: Aplikasi Pengecek Nomor Truecaller dan Getcontact Banyak Digunakan, Amankah?/*

Tagging yang disematkan dari berbagai pengguna, dihimpun menjadi database. Nantinya database itu bisa digunakan untuk seluruh pengguna aplikasi.

Sebagai gambaran, sebuah nomor dilabeli banyak pengguna sebagai telepon "spam" atau "penipu". Apabila nomor itu masuk ke panggilan Anda, maka GetContact akan melabeli nomor tersebut sebagai "spam" atau "penipu".

GetContact juga akan memberikan peringatan bahwa nomor tersebut, teridentifikasi sebagai "spam" dan berpotensi berbahaya. Tidak hanya label "spam" atau sejenisnya, GetContact juga akan memberikan label pada nomor asing yang masuk, sesuai database dari pengguna lain.

Baca juga: Cara Mudah untuk Blokir Nomor Spam di Ponsel Android

Jadi, apabila ada nomor tidak dikenal masuk ke panggilan, GetContact akan memberikan label nama untuk nomor tersebut, meskipun pengguna belum menyimpannya di daftar kontak.

Aplikasi GetContact memiliki beberapa fitur. Pertama adalah "Caller Identification" yang berguna untuk mengidentifikasi nomor telepon yang tidak dikenal atau tidak disimpan di kontak pengguna.

Kemudian ada fitur “Security” yang memungkinkan pengguna dapat memblokir nomor telepon spam atau penipu yang mengganggu. Ada pula fitur “Chat” yang dapat digunakan pengguna untuk berkirim pesan.

Terakhir, ada fitur “Tag” yang membantu pengguna mengetahui nomor ponselnya disimpan dengan nama apa di kontak pengguna lain.

Baca juga: SMS Spam Bisa Dilaporkan ke Kominfo, Begini Caranya

Cara daftar Getcontact di Android dan iPhone

Cara mendaftar aplikasi GetContact di Android maupun iPhone kurang lebih mirip. Hanya saja, antarmuka (UI) kemungkinan sedikit berbeda.

Namun, garis besar langkah-langkahnya masih sama. Berikut cara daftar aplikasi GetContact di Android maupun iPhone:

  • Unduh aplikasi Getcontact di Play Store atau App Store
  • Masuk ke aplikasi klik “Agree & Continue”
  • Klik “Start Now”
  • Klik “Continue”
  • Izinkan Getcontact mengakses telepon dan kontan ponsel Anda
  • Klik “Continue”
  • Log in menggunakan Google, Facebook, atau e-mail Anda
  • Kemudian Anda dapat mem*ilih verifikasi menggunakan WhatsApp atau Telegram
  • Setelah verifikasi berhasil, kini Anda menggunakan Getcontact untuk mengecek nomor telepon maupun memblokir spam

Baca juga: Pemilik Asli Nomor Telepon di Squid Game Dibanjiri Spam

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis maupun berbayar. Pengguna dapat berlanggan Getcontact premium mulai dari Rp 29.000.

Dengan berlangganan GetContact premium, pengguna bisa menggunakan akun tanpa iklan, mengetahui siapa saja yang melihat tag-nya, mengetahui statistik dan pencarian profil yang dapat diakses selama 3 bulan, dan mendapatkan lencana premium ke profil anda.

Itulah ulasan mengenai Getcontact dan cara daftarnya untuk cek nomor telepon pengguna lain yang tidak dikenal atau belum tercatat di kontak Anda. Semoga membantu./

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber getcontact
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com