Mengenal Aplikasi GetContact untuk Deteksi Nomor, Bagaimana Cara Mendaftarnya?

Kompas.com - 18/01/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com - GetContact merupakan aplikasi untuk identifikasi nomor telepon sekaligus memblokir panggilan spam. Jadi, apabila ada panggilan nomor asing yang masuk, GetContact akan megindentifikasikan nomor tersebut sesuai database yang dimiliki.

Adapun database tersebut dikumpulkan lewat cara crowdsourcing (urun daya). Crowdsourcing atau urun daya adalah proses untuk mendapatkan ide, layanan atau konten tertentu dengan cara meminta bantuan orang lain secara massal lewat lewat komunitas daring.

Sederhananya, GetContact akan mengumpulkan riwayat bagaimana pengguna yang sudah ada, memberikan nama atau tagging pada sebuah nomor atau kontak.

Baca juga: Aplikasi Pengecek Nomor Truecaller dan Getcontact Banyak Digunakan, Amankah?/*

Tagging yang disematkan dari berbagai pengguna, dihimpun menjadi database. Nantinya database itu bisa digunakan untuk seluruh pengguna aplikasi.

Sebagai gambaran, sebuah nomor dilabeli banyak pengguna sebagai telepon "spam" atau "penipu". Apabila nomor itu masuk ke panggilan Anda, maka GetContact akan melabeli nomor tersebut sebagai "spam" atau "penipu".

GetContact juga akan memberikan peringatan bahwa nomor tersebut, teridentifikasi sebagai "spam" dan berpotensi berbahaya. Tidak hanya label "spam" atau sejenisnya, GetContact juga akan memberikan label pada nomor asing yang masuk, sesuai database dari pengguna lain.

Baca juga: Cara Mudah untuk Blokir Nomor Spam di Ponsel Android

Jadi, apabila ada nomor tidak dikenal masuk ke panggilan, GetContact akan memberikan label nama untuk nomor tersebut, meskipun pengguna belum menyimpannya di daftar kontak.

Aplikasi GetContact memiliki beberapa fitur. Pertama adalah "Caller Identification" yang berguna untuk mengidentifikasi nomor telepon yang tidak dikenal atau tidak disimpan di kontak pengguna.

Kemudian ada fitur “Security” yang memungkinkan pengguna dapat memblokir nomor telepon spam atau penipu yang mengganggu. Ada pula fitur “Chat” yang dapat digunakan pengguna untuk berkirim pesan.

Terakhir, ada fitur “Tag” yang membantu pengguna mengetahui nomor ponselnya disimpan dengan nama apa di kontak pengguna lain.

Baca juga: SMS Spam Bisa Dilaporkan ke Kominfo, Begini Caranya

Halaman:
Sumber getcontact


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.