Samsung Umumkan Exynos 2200, SoC Pertama Samsung dengan GPU AMD

Kompas.com - 18/01/2022, 17:06 WIB

KOMPAS.com - Samsung akhirnya resmi mengumumkan System-on-Chip (SoC) terbarunya, Exynos 2200. SoC tersebut dirancang untuk digunakan di ponsel kelas atas (flagship).

Exynos 2200 menjadi SoC pertama dari Samsung yang menggunakan pengolah grafis (GPU) besutan AMD dengan arsitektur RDNA 2.

Samsung menyebut GPU berbasis arsitektur RDNA 2 dari AMD tersebut sebagai "Xclipse 920".

Kolaborasi antara Samsung dan AMD ini sejatinya sudah terjalin cukup lama. Kedua perusahaan pertama kali mengumumkan kesepakatan lisensi pada tahun 2019 lalu.

Pihak AMD pun mengonfirmasi bahwa SoC kelas atas dari Samsung nantinya akan menggunakan RDNA 2.

SVP teknologi AMD Radeon GPU, David Wang, mengatakan bahwa ini adalah hasil pertama dari beberapa generasi AMD RDNA yang akan hadir di chipset Exynos besutan Samsung.

Baca juga: Chipset dan RAM Samsung Galaxy S22 Terungkap

Exynos 2200 sendiri dibuat dengan proses fabrikasi 4 nm dan dirancang menggunakan teknologi Extreme Ultra Violet (EUV).

Teknologi grafis yang dibawa Exynos 2200, digadang-gadang mampu menghadirkan pengalaman gaming di smartphone layaknya bermain di konsol.

Secara teknis, Exynos 2200 dibekali dengan prosesor (CPU) Armv9 delapan inti (octa-core). Kedelapan inti tersebut dibagi dalam pengaturan tiga klaster yang terdiri dari satu core Cortex-X2, tiga core Cortex-A710, dan empat core Cortex-A510.

Jumlah dan konfigurasi inti (core) di Exynos 2200 mirip dengan SoC flagship bikinan Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 1, dan Dimensity 9000 dari MediaTek.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber WCCF Tech
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.