Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Koneksi Internet

Kompas.com - Diperbarui 31/01/2022, 07:28 WIB
Ilustrasi router wifi. SHUTTERSTOCK/CASEZY IDEAIlustrasi router wifi.

KOMPAS.com - Apakah laptop atau ponsel Anda sedang terhubung WiFi tapi tidak ada koneksi internet? Jika ya, jangan khawatir karena terdapat berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Memang cukup menyebalkan apabila gadget yang tampaknya bisa terhubung ke WiFi, tapi ternyata justru tidak bisa digunakan untuk browsing akibat koneksi internetnya tidak ada. Penyebab permasalahan WiFi tidak ada internet ini bermacam-macam.

Misalnya karena terjadi gangguan jaringan internet akibat cuaca yang buruk, seperti hujan badai. Kemudian, permasalahan WiFi tidak ada internet bisa disebabkan karena perangkat router WiFi terdapat gangguan sehingga tidak bisa menyebarkan koneksi internet.

Selain itu, permasalahan WiFi tidak ada internet juga bisa terjadi karena gadget Anda yang mengalami gangguan dalam menerima koneksi internet yang disebarkan WiFi.

Jika sudah terjadi permasalahan ini, lantas bagaimana cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada koneksi internet? Berikut KompasTekno rangkumkan cara mengatasi WiFi no internet.

Restart router

Router atau modem merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyebarkan koneksi internet ke berbagai gadget melalui jaringan nirkabel yang bernama WiFi. Anda bisa mencoba untuk menyalakan kembali atau restart router.

Caranya matikan router Anda dengan menekan tombol power yang biasanya berwarna hitam dan berada di bagian punggung perangkat. Setelah itu, tunggu beberapa saat, kurang lebih 30 detik, lalu tekan kembali tombol tersebut untuk menyalakan router.

Setelah lampu indikator perangkat nyala, tunggu beberapa saat, biasanya perlu waktu sekitar 1 menit hingga lampu DSL (digital subscriber line) berkedip dengan stabil, sebagai penanda koneksi internet telah masuk dan bisa dicoba untuk digunakan.

Reboot router

Apabila sudah melakukan cara di atas tapi WiFi tetap tidak ada koneksi internet, Anda bisa mencoba untuk melakukan reboot atau memulai kembali pada router atau modem. Secara fungsi, reboot router hampir sama dengan restart router, yakni memulai kembali perangkat.

Bedanya, restart router dilakukan dengan menekan tombol fisik power yang ada di router atau modem. Sedangkan, reboot router dilakukan dengan masuk ke pengaturan router melalui alamat IP (Internet Protocol) via browser.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.