Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Koneksi Internet

Kompas.com - Diperbarui 31/01/2022, 07:28 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah laptop atau ponsel Anda sedang terhubung WiFi tapi tidak ada koneksi internet? Jika ya, jangan khawatir karena terdapat berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Memang cukup menyebalkan apabila gadget yang tampaknya bisa terhubung ke WiFi, tapi ternyata justru tidak bisa digunakan untuk browsing akibat koneksi internetnya tidak ada. Penyebab permasalahan WiFi tidak ada internet ini bermacam-macam.

Misalnya karena terjadi gangguan jaringan internet akibat cuaca yang buruk, seperti hujan badai. Kemudian, permasalahan WiFi tidak ada internet bisa disebabkan karena perangkat router WiFi terdapat gangguan sehingga tidak bisa menyebarkan koneksi internet.

Selain itu, permasalahan WiFi tidak ada internet juga bisa terjadi karena gadget Anda yang mengalami gangguan dalam menerima koneksi internet yang disebarkan WiFi.

Jika sudah terjadi permasalahan ini, lantas bagaimana cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada koneksi internet? Berikut KompasTekno rangkumkan cara mengatasi WiFi no internet.

Restart router

Router atau modem merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyebarkan koneksi internet ke berbagai gadget melalui jaringan nirkabel yang bernama WiFi. Anda bisa mencoba untuk menyalakan kembali atau restart router.

Caranya matikan router Anda dengan menekan tombol power yang biasanya berwarna hitam dan berada di bagian punggung perangkat. Setelah itu, tunggu beberapa saat, kurang lebih 30 detik, lalu tekan kembali tombol tersebut untuk menyalakan router.

Setelah lampu indikator perangkat nyala, tunggu beberapa saat, biasanya perlu waktu sekitar 1 menit hingga lampu DSL (digital subscriber line) berkedip dengan stabil, sebagai penanda koneksi internet telah masuk dan bisa dicoba untuk digunakan.

Reboot router

Apabila sudah melakukan cara di atas tapi WiFi tetap tidak ada koneksi internet, Anda bisa mencoba untuk melakukan reboot atau memulai kembali pada router atau modem. Secara fungsi, reboot router hampir sama dengan restart router, yakni memulai kembali perangkat.

Bedanya, restart router dilakukan dengan menekan tombol fisik power yang ada di router atau modem. Sedangkan, reboot router dilakukan dengan masuk ke pengaturan router melalui alamat IP (Internet Protocol) via browser.

Router atau modem di Indonesia yang disediakan oleh operator layanan internet mayoritas dari merek ZTE/Huawei dengan alamat IP antara 192.168.0.1 atau 192.168.1.1. Masukkan alamat tersebut di kolom pencarian situs dari browser Anda.

Masukkan username dan password yang pada umumnya menggunakan kata “Admin” untuk login ke pengaturan router. Setelah berhasil masuk halaman awal pengaturan router, klik menu “System Tools” lalu klik opsi “Reboot”.

Baca juga: Akses WiFi Lambat, Cek Posisi Router dan Sinyalnya Pakai Aplikasi Ini

Matikan dan hubungkan kembali WiFi pada gadget

Selanjutnya, cara mengatasi persoalan WiFi terhubung tapi tidak ada koneksi internet adalah dengan mematikan dan menghubungkan kembali WiFi pada gadget. Cara ini bisa dilakukan untuk menghubungkan kembali koneksi internet WiFi yang tiba-tiba hilang di gadget.

Anda bisa mematikan sejenak sambungan WiFi yang ada di ponsel atau laptop. Kemudian tunggu beberapa saat, lalu hubungkan kembali gadget Anda dengan WiFi. Selain mematikan WiFi, Anda juga bisa mengaktifkan fitur airplane mode yang ada di ponsel atau laptop.

Fitur itu bisa berfungsi untuk memutus secara cepat segala koneksi internet termasuk yang berasal dari WiFi. Cara mengaktifkan dan menonaktifkan airplane mode di laptop atau ponsel pada umumnya sama seperti cara menyalakan dan mematikan WiFi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com