Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trio Samsung Galaxy Tab S8 Segera Masuk Indonesia?

Kompas.com - 18/01/2022, 17:35 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memasuki tahun baru 2022 ini, Samsung semakin santer dikabarkan bakal memperkenalkan tiga ponsel flagship Galaxy S22 series pada 8 Februari 2022 mendatang.

Pada tanggal yang sama, Samsung juga diyakini bakal meluncurkan tiga model tablet terbaru dari lini Galaxy Tab S8, yaitu Galaxy Tab S8, S8 Plus, dan S8 Ultra.

Samsung juga tampaknya bakal segera memboyong trio Galaxy Tab S8 itu ke Indonesia dalam waktu dekat. Indikasinya, tablet penerus Galaxy Tab S7 itu sudah mengantongi sertifikasi lolos uji Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Baca juga: Tablet Samsung Galaxy Tab A8 Segera Masuk Indonesia, Ini Bocoran Harganya

Di laman TKDN, terdapat sertifikasi bernomor 55/SJ-IND.8/TKDN/1/2022 yang diajukan oleh PT Samsung Electronics Indonesia tanggal 13 Januari 2022.

Dalam sertifikasi tersebut tercantum tiga perangkat Samsung dengan keterangan jenis produk "komputer tablet". Di kolom merek dan tipe, ketiga tablet yang namanya belum diketahui pasti itu memiliki nomor model "SM-X906B", "SM-X806B", dan "SM-X706B".

Masing-masing tablet tersebut secara berurutan memiliki nilai TKDN mencapai 33,40 persen, 36,20 persen, dan 36,20 persen.

Tiga perangkat yang diyakini merupakan tiga model tabet terbaru Samsung Galaxy Tab S8 muncul di laman sertifikasi TKDN Kemenperin.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tiga perangkat yang diyakini merupakan tiga model tabet terbaru Samsung Galaxy Tab S8 muncul di laman sertifikasi TKDN Kemenperin.
Berdasarkan penelusuran KompasTekno, model SM-X706B merujuk pada tablet Galaxy Tab S8. Belum diketahui nama perangkat untuk model SM-X806B dan SM-X906B.

Baca juga: Samsung Luncurkan Tablet Galaxy Tab A8, Ini Spesifikasinya

Namun kedua perangkat tersebut bisa jadi merupakan dua model lain dari seri Galaxy Tab S8, yaitu versi Tab S8 Plus dan S8 Ultra.

Bila benar trio Samsung Galaxy Tab S8 telah lolos TKDN, maka tablet ini bakal segera masuk Indonesia. Mengingat TKDN menjadi salah satu syarat bagi perangkat elektronik untuk dapat dipasarkan di Indonesia.

Menurut bocoran sebelumnya, trio Samsung Galaxy Tab S8 bakal dijual dengan harga yang beragam. Model Galaxy Tab S8 "reguler" konon bakal dijual dengan harga mencapai 850 dolar AS (sekitar Rp 12,1 juta).

Sementara Galaxy Tab S8 Plus dan Tab S8 Ultra dirumorkan bakal dijual mulai harga 900 dolar AS (sekitar Rp 12,8 juta) dan 1.100 dolar AS (sekitar Rp 15,7 juta), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Review Galaxy Tab S7 FE 5G, Tablet Besar Pendukung Produktivitas

Selain harga, bocoran spesifikasi trio Galaxy Tab S8 ini juga sudah ramai beredar di internet. Galaxy Tab S8 Ultra disinyalir merupakan model teratas dari tablet teranyar Samsung, yang memiliki layar Super AMOLED yang cukup lega dengan ukuran 14,6 inci dan resolusi WQXGA Plus.

Layar ini konon memiliki refresh rate hingga 120 Hz, tingkat kecerahan 420 nits, dan dan tingkat kerapatan piksel mencapai 240 PPI.

Sementara dua model lainnya, yakni Galaxy Tab S8 dan S8 Plus, kabarnya memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibanding Galaxy Tab S8 Ultra.

Namun, kedua model ini kabarnya tetap akan ditenagai chipset yang sama dengan versi teratasnya, yaitu Snapdragon 8 Gen 1. Informasi spesifikasi dan harga di atas masih sebatas rumor. Kepastiannya baru bisa dilihat saat trio Samsung Galaxy Tab S8 diluncurkan nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com