Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Reno6 Lite Meluncur, Kembaran A95 RAM Beda Tipis

Kompas.com - 19/01/2022, 08:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Vendor ponsel asal China, Oppo, meluncurkan ponsel Oppo Reno6 Lite di Meksiko baru-baru ini.

Embel-embel "Lite" pada Oppo Reno6 yang dirilis di Meksiko itu menandakan ponsel ini membawa spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan ponsel Reno6 series lainnya.

Oppo sendiri sudah lebih dulu meluncurkan Reno6, Reno6 5G, Reno6 Pro 5G, atau Reno6 Pro Plus 5G pada 2021 lalu.

Contoh spesifikasi yang "disunat" di Oppo Reno6 Lite adalah chipset dan kamera. Oppo Reno6 Lite menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 662 dan kamera utama dengan 48 MP.

Padahal Reno6 series sebelumnya dibekali dengan chipset yang lebih canggih dan resolusi kamera utama yang lebih tinggi. Contohnya Oppo Reno6 "reguler" yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 720 dan kamera 64 MP.

Baca juga: Peminat Oppo Find N Diklaim Lebih dari 1 Juta Orang, Oppo Kewalahan

Kembaran Oppo A95

Alih-alih mirip dengan ponsel Reno6 series lainnya, tampang dan spesifikasi ponsel Oppo Reno6 Lite di Meksiko ini justru lebih mirip seperti ponsel Oppo A95 yang meluncur di Indonesia pada November 2021 lalu.

Saat ditelusuri di situs resmi Oppo Meksiko, ponsel Reno6 Lite ini memiliki nomor model CPH2365. Berdasarkan situs resmi Oppo Indonesia, nomor model tersebut sama seperti milik Oppo A95 di Tanah Air.

Jadi, agaknya Oppo Reno6 Lite ini merupakan rebrand dari Oppo A95 versi Indonesia. Tak heran bila keduanya memiliki spesifikasi dan tampang yang sama.

Perbedaan paling mendasar adalah Oppo Reno6 Lite tidak dibekali fitur NFC dan memiliki RAM yang lebih kecil, yaitu 6 GB. Sementara Oppo A95 di Indonesia dibekali dengan RAM 8 GB.

Oppo Reno6 Lite versi Meksiko merupakan Oppo A5 versi Indonesia.Situs Oppo Meksiko dan Indonesia Oppo Reno6 Lite versi Meksiko merupakan Oppo A5 versi Indonesia.
Sama seperti Oppo A95, Oppo Reno6 Lite mengusung panel AMOLED berukuraan 6,43 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.400 piksel).

Di bagian pojok kiri atas layar terdapat sebuah punch-hole atau lubang kecil yang menampung kamera selfie beresolusi 16 MP (f/2.4).

Di bagian punggungnya, Oppo Reno6 Lite versi Meksiko juga dibekali modul kamera mengilap berbentuk persegi panjang, yang memuat tiga buah kamera belakang berikut LED Flash.

Baca juga: Review Baterai Oppo A95, Awet untuk Main Game dan Streaming Video

Adapun ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.7), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Untuk sektor dapur pacu, Oppo Reno6 Lite ditenagai System-on-Chip Qualcomm Snapdragon 662 dengan fabrikasi 11 nm.

Di Meksiko, Reno6 Lite hadir dengan pilihan RAM yang lebih kecil, yaitu 6 GB dan penyimpanan media 128 GB.

Untuk sektor baterai, Oppo Reno6 Lite ini ditopang baterai 5.000 mAh dengan dukungan fitur pengisian daya cepat flash charge 33 watt. Ponsel ini sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 dengan antarmuka khas Oppo, ColorOS 11.1.

Fitur-fitur lainnya yang dibawa ponsel ini meliputi fingerprint di dalam layar (in-display), Bluetooth 5.0, jack audio 3,5 mm, USB Type-C, Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), serta WiFi 802.11 a/b/g/n/ac.

Baca juga: Menjajal Oppo A95, Main Mobile Legends Bisa Rata Kanan?

Oppo Reno6 Lite tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Black dan Silver Rainbow. Di Meksiko, Oppo Reno6 Lite dijual seharga 8.799 Peso Meksiko atau setara dengan Rp 6,2 juta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (19/1/2022).

Harga tersebut jauh lebih mahal ketimbang harga jual Oppo A95 di Indonesia yang notabene memiliki spesifikasi yang sama dengan Oppo Reno6 Lite. Di Tanah Air, Oppo A95 dijual seharga sekitar Rp 4 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com