Kompas.com - 20/01/2022, 13:44 WIB

KOMPAS.com - Belakangan ini linimasa Twitter diramaikan dengan perbincangan tentang situs swagbuckssn.xyz yang menawarkan uang dengan cara yang mudah.

Perbincangan netizen Twitter bukan soal uang, melainkan soal ancaman scam atau pencurian data pribadi yang bisa muncul jika menggunakan di situs tersebut.

Pakar keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengatakan bahwa Swagbuckssn.xyz memang dikategorikan sebagai sebuah situs penipuan (scam) dengan iming-iming mendapatkan uang.

Ia menilai bahwa situs dengan domain ".xyz" ini mirip dengan jenis penipuan yang sering kali dibagikan melalui WhatsApp.

"Sebut saja scam, mengarahkan korbannya untuk melihat iklan yang tidak diinginkan seperti pinjol (pinjaman online) dan memancing korban memasukkan data penting," ungkap Alfons kepada KompasTekno, Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Harga Sempat Meroket, Kripto Squid Game Berujung Penipuan

Berdasar pantuan KompasTekno, halaman swagbuckssn.xyz menampilkan push notifikasi terkait nama akun yang berhasil menarik uang dari instruksi yang diberikan.

Selain swagbuckssn.xyz, KompasTekno juga menemukan sejumlah situs berdomain "xyz" dan menampilkan halaman depan yang identik dengan swagbuckssn.xyz.

Situs-situs tersebut adalah sebagai berikut:

Beberapa situs web domain xyz penghasil uang yang memiliki tampilan serupaKOMPAS.com/Zulfikar Beberapa situs web domain xyz penghasil uang yang memiliki tampilan serupa

Cara mendapatkan uang di situs tersebut juga sama persis dengan di situs Swagbuckssn.xyz. Anda akan diminta untuk mendaftarkan dengan mengisi data diri. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.