Kompas.com - 21/01/2022, 13:16 WIB

KOMPAS.com - Gopay sebagai layanan dompet digital memang memudahkan pengguna dalam bertransaksi di layanan yang disediakan Gojek, misalnya untuk memesan GoRide, GoCar, atau GoFood.

Dengan GoPay, pengguna tidak perlu lagi repot menggunakan uang tunai. Namun untuk menikmati layanan seperti contoh di atas, Anda perlu top up atau isi ulang saldo GoPay.

Cara top up saldo GoPay bisa dilakukan dengan berbagai metode, termasuk menggunakan pulsa. Namun, cara mengisi saldo GoPay dengan memotong pulsa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Baca juga: Cara Daftar dan Verifikasi Akun GoPay Lewat HP

Pasalnya, top up saldo GoPay yang tersedia di aplikasi Gojek hanya bisa dilakukan melalui driver Gojek, mobile banking, ATM, Alfamart, dan Indomart.

Cara mengisi saldo GoPay pakai pulsa

Salah satu cara mengisi saldo GoPay dengan pulsa adalah menggunakan aplikasi konversi yang menukar pulsa menjadi uang di dompet digital, seperti Gopay.

Salah satu aplikasi itu bernama byPulsa yang tersedia di toko aplikasi Play Store di Android dan App Store di iOS. Berikut cara mengisi saldo GoPay pakai pulsa menggunakan aplikasi pihak ketiga:

  • Unduh dan instal aplikasi byPulsa di ponsel Android atau iOS milik Anda
  • Buka aplikasi byPulsa, kemudian untuk login bisa menggunakan akun Google Anda
  • Setelah itu, di halaman awal aplikasi, pilih dengan operator dari nomor ponsel yang Anda gunakan
  • Isi nominal pulsa yang bakal dikonversi jadi saldo GoPay dan masukkan nomor ponsel Anda di kolom yang tersedia
  • Kemudian, tambahkan nomor GoPay di kolom selanjutnya
  • Selanjutnya, klik opsi "tukar pulsa"
  • Anda bakal disajikan dengan pilihan tukar pulsa lewat WhatsApp atau tukar pulsa lewat aplikasi
  • Apabila Anda memilih opsi tukar pulsa lewat WhatsApp, Customer Service (CS) byPulsa bakal menghubungi ke nomor WhatsApp Anda lewat nomor ponsel yang telah ditambahkan tadi
  • CS akan memberikan petunjuk untuk proses transfer pulsa Anda ke nomor ponsel byPulsa agar bisa ditukar jadi saldo GoPay
  • Apabila Anda memilih opsi tukar pulsa lewat aplikasi, Anda cukup klik opsi "transfer sekarang" untuk mulai mengirim pulsa yang dimiliki ke nomor ponsel byPulsa
  • Setelah transfer pulsa berhasil, Anda juga diminta untuk mengunggah bukti transfer pulsa di aplikasi byPulsa
  • Apabila transfer pulsa Anda sudah masuk ke nomor byPulsa, Anda bakal menerima konfirmasi lebih lanjut dari CS
  • Terakhir, tunggu beberapa saat hingga top up saldo GoPay pakai pulsa berhasil.

Baca juga: Cara Split Bill GoPay, Bayar Patungan Makin Mudah

Ilustrasi cara topup saldo Gopay pakai pulsaKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara topup saldo Gopay pakai pulsa

Untuk penukaran pulsa lewat WhatsApp maupun aplikasi, tidak ada perbedaan signifikan, baik dalam biaya maupun durasi. Hanya saja, penukaran pulsa lewat WhatsApp memungkinkan pengguna menanyakan beberapa hal lebih lanjut ke CS jika diperlukan.

Berdasar informasi dari laman byPulsa, proses konversi pulsa menjadi saldo GoPay membutuhkan waktu kurang lebih 5 - 10 menit dalam kondisi normal. Kemudian, nominal minimal pulsa yang bisa dikonversi adalah sebesar 50.000.

Baca juga: GoPay Gantikan Ovo di Halaman Muka Tokopedia

Selain itu, ada potongan sebesar 38 persen dan biaya admin sebesar Rp1.000 untuk bisa konversi pulsa menjadi saldo GoPay. Jadi, jika Anda mengisi nominal pulsa 100.000 maka saldo GoPay yang diterima hanya 71.000.

Tidak semua operator nomor ponsel bisa digunakan untuk konversi pulsa di Bypulsa. Operator yang bisa digunakan di byPulsa antara lain, seperti Telkomsel, Tri, Axis, dan XL. Pada kesempatan ini, KompasTekno menjajal byPulsa lewat perangkat iOS 15.0.2 dan pulsa XL.

Berbeda versi sistem operasi, mungkin bakal berbeda juga letak opsinya. Demikian cara top up saldo GoPay pakai pulsa, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.