Internet 5G di Indonesia, Cakupan Terbatas dan Kecepatannya Masih 4G

Kompas.com - 24/01/2022, 09:01 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Layanan internet 5G di Indonesia secara komersil diluncurkan pertama kali oleh Telkomsel pada akhir Mei 2021, diikuti oleh Indosat Ooredoo pada bulan berikutnya, yaitu sekitar Juni 2021 lalu.

Meski demikian, layanan penerus 4G tersebut saat ini hanya bisa digunakan secara terbatas di sejumlah wilayah saja.

Di antaranya seperti beberapa titik residensial di Jakarta, Tangerang, Bandung, Surabaya, hingga Medan untuk Telkomsel, serta beberapa area tertentu di Jakarta, Surakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar untuk Indosat.

Keterbatasan wilayah ini membuat perkembangan internet 5G di Tanah Air terkesan lambat. Hal ini disampaikan pengamat teknologi dan gadget dari komunitas Gadtorade, Lucky Sebastian.

"Sampai sekarang (Januari 2022), perkembangan 5G di Indonesia terasa lambat. Misalnya, kita lihat cakupan kota yang menjadi kota perdana diluncurkannya 5G, sampai sekarang tidak bertambah," ungkap Lucky ketika dihubungi KompasTekno belum lama ini.

"Telkomsel sebagai pionir, misalnya, saat peluncuran merilis layanan 5G di sembilan kota, dan sekarang juga tetap sama, itupun belum semua bagian kota yang ter-cover, tetapi masih sebagian kecil dari beberapa daerah di dalam kota," imbuh Lucky.

Baca juga: Ketika Bos Xiaomi Indonesia Tepati Janji "5G" dalam 5 Hari

Keterbatasan 5G ini sendiri dirasakan oleh YouTuber gadget bernama Allesa dari kanal YouTube K2G. Meski tinggal di kawasan Jakarta, ia mengaku belum bisa menikmati layanan 5G di daerahnya.

"Sebagai orang yang tinggal di Jakarta dan memakai smartphone 5G, jujur saya pribadi belum pernah mendapatkan sinyal 5G. Pernah sekali saya mendapatkan sinyal 5G, namun itu sekadar sinyalnya saja, secara kecepatan masih setara 4G," ungkap Allesa kepada KompasTekno.

Baca juga: Kominfo Akan Lelang Frekuensi 700 MHz untuk 5G Tahun Ini

5G terkesan dipaksakan dan jadi gimik

Ilustrasi 5GIstimewa Ilustrasi 5G

Berangkat dari keterbatasan 5G di Indonesia, pengamat teknologi dan gawai dari situs web Ponselmu.com, Herry SW, bahkan berpendapat bahwa kehadiran 5G di Tanah Air terkesan "dipaksakan".

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.