5G di Indonesia Diprediksi Baru Optimal Setelah TV Analog Dimatikan

Kompas.com - 24/01/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Pada 2022 ini, operator seluler di Indonesia disebut masih belum bisa menggelar layanan 5G secara optimal, baik dalam aspek kecepatan maupun jangkauan.

Salah satu musababnya, adalah belum tersedianya spektrum yang ideal dan infrastruktur yang memadai untuk menggelar 5G di Tanah Air.

Pengamat telekomunikasi meramalkan bahwa layanan 5G yang optimal di Indonesia baru akan tercapai setidaknya pada 2023 mendatang.

Pasalnya pada 2023, frekuensi 700 MHz dan 26 GHz yang bisa digunakan untuk menggelar 5G telah dilelang oleh pemerintah.

Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB), Muhammad Ridwan Effendi, mengatakan bahwa spektrum 700 MHz menjadi salah satu spektrum yang paling umum digunakan untuk menggelar layanan 5G.

Saat ini, spektrum tersebut masih digunakan oleh televisi analog.

Baca juga: Kominfo Siapkan Jalan Tol Tambahan untuk 5G Tahun Ini

"Saya yakin, setelah lelang frekuensi 700 MHz, jaringan 5G akan semakin merata," kata Ridwan kepada KompasTekno.

Dengan menggunakan spektrum frekuensi yang umum untuk 5G, secara tidak langsung juga akan semakin mendorong ketersediaan ekosistem 5G di Tanah Air.

"Saat ini kendala 5G adalah ekosistem yang belum banyak mendukung. Dari sisi handphone yang mendukung saja, saat ini masih terbatas. Memang ini kembali lagi karena frekuensi yg dipakai saat ini bukan yg paling populer," kata Ridwan.

Frekuensi 700 MHz dilelang tahun ini

Pemerintah sendiri melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melelang frekuensi 700 MHz untuk keperluan jaringan 5G di Indonesia.

Juru Bicara (Jubir) Kementerian Kominfo, Dedy permadi, mengatakan lelang tersebut akan dilaksanakan pada 2022 ini.

Namun, rencana lelang frekuensi 700 MHz tersebut masih harus menunggu migrasi siaran televisi (TV) analog ke siaran TV digital (Analog Switch Off/ASO) rampung. Migrasi tersebut dijadwalkan paling cepat selesai pada November 2022.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.