Layar iPhone 13 Tiba-tiba Berubah Pink

Kompas.com - 25/01/2022, 07:17 WIB

KOMPAS.com - iPhone 13 merupakan ponsel generasi teranyar Apple. Ponsel ini dirilis pada September 2021. Meski terhitung baru beberapa bulan meluncur di pasar ponsel, sejumlah penguna melaporkan adanya masalah pada layar iPhone 13.

Layar iPhone 13 dilaporkan menjadi berwarna merah muda atau pink secara tiba-tiba. Kondisi ini membuat pengguna tidak dapat mengoperasikan ponsel Apple tersebut sama sekali. Satu-satunya alternatif untuk mengatasi hal ini yaitu dengan melakukan reset.

Dalam laman forum diskusi Apple pada Oktober 2021, seorang pengguna berkata bahwa layar iPhone 13 Pro miliknya berubah menjadi merah muda. Selain itu, ponsel ini juga mengalami crash, tak lama setelah layar berubah warna. Masalah ini kemudian diatasi Apple dengan penggantian unit.

Baca juga: Apple Geser Samsung berkat iPhone 13, Xiaomi Peringkat Ketiga

Namun masalah serupa kini dialami sejumlah pengguna yang melaporkan kendala iPhone 13 di Reddit. Mereka yang mengalami masalah ini, kini tidak mendapat solusi penggantian unit, karena Apple berdalih adanya bug (software) sebagai penyebabnya, bukan komponen (hardware) pada iPhone 13.

Halaman dukungan Apple (Apple Support) juga menyatakan perusahaan telah melakukan pemeriksaan dan menyatakan tidak ada sesuatu yang bermasalah.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (25/1/2022), munculnya layar pink di iPhone 13 terjadi secara acak. Seorang pengguna iPhone 13 di Reddit mengatakan ponselnya menjadi berlayar pink ketika menggunakan fitur GPS untuk membantu navigasi.

Sementara itu penggua iPhone 13 Pro juga mengatakan di Reddit bahwa "baterai ponsel saya menjadi aneh dan freeze, jadi saya menyalakan ponsel dan layarnya juga berwarna pink."

Menurut Apple Insider, masalah ini tampaknya memang disebabkan oleh software, bukan hardware di iPhone 13. Indikasi ini terlihat dari sejumlah ikon seperti sinyal dan baterai yang berwarna putih sebagaimana kondisi normal.

Baca juga: 5 Aplikasi Kasir di Android dan iPhone untuk Mudahkan Transaksi Bisnis UMKM

Sejauh ini pembaruan iOS 15.3 belum menyertakan perbaikan bug layar pink. Namun Apple menyarankan pengguna membuat cadangan (backup) data dan menginstal pembaruan baru saat tersedia.

iPhone 13 hadir dalam empat model, yaitu iPhone 13 "reguler", iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Dibandingkan pendahulunya yakni iPhone 12, semua model iPhone 13 kini dibekali dengan poni (notch) yang diklaim 20 persen lebih kecil.

Selain itu, jajaran iPhone 13 juga ditenagai chipset terbaru, A15 Bionic, yang diklaim memiliki performa 50 persen lebih ngebut dibanding chipset kompetitor.

Harga iPhone 13 di Indonesia dibanderol pada kisaran Rp 15-21 juta. iPhone 13 Mini dijual sekitar Rp 13-19 juta, sementara iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max dijual mulai Rp 18,5 juta hingga Rp 31 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.