Pertumbuhan Jumlah Pelanggan Melambat, Netflix Salahkan Pandemi

Kompas.com - 25/01/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com- Perusahaan video on demand, Netflix melaporkan jumlah pelanggannya untuk tahun 2021. Dalam laporannya, Netflix menyebut pertumbuhan pelanggannya yang cukup lamban tahun lalu.

Jumlah ini bahkan tercatat sebagai pertumbuhan pelanggan terendah perusahaan sejak tahun 2016.

Dalam pengumuman resmi yang dirilis Netflix, jumlah pelanggannya dalam tiga bulan terakhir (Oktober-Desember) 2021, hanya bertambah 8,3 juta. Dengan demikian, secara total Netflix memiliki 18,2 juta pelanggan baru di 2021.

Pandemi disebut Netflix menjadi dalang dari melambatnya pertumbuhan pelanggan perusahaan di kuartal terakhir 2021. Sebab, pada tahun 2020 dimana pandemi dimulai, Netflix sudah kebanjiran pelanggan baru akibat kebijakan bekerja hingga sekolah dari rumah.

Baca juga: Pelanggan Netflix Bertambah 8 Juta dalam 4 Bulan

Faktor lainnya yang disebut Netflix yaitu kesulitan ekonomi di beberapa negara seperti Amerika Latin, sehingga membuat pertumbuhan pelanggan perusahaan tidak pulih seperti sebelum pandemi.

Pandemi juga membuat perusahaan cukup berhati-hati dalam memproyeksikan pertumbuhan pelanggan di kuartal selanjutnya.

Co-CEO Netflix Ted Sarandos mengatakan pandemi menyebabkan banyak ketidakpastian, sehingga lebih sulit untuk mengukur pertumbuhan di masa depan.

"Untuk saat ini kami hanya ingin tetap tenang dan mencoba untuk mencari solusinya," kata Co-CEO Netflix lainnya, Reed Hastings.

Pertumbuhan ini juga membuat investor khawatir akan performa Netflix ke depannya. Mereka khawatir popularitas Netflix sebagai platform video on demand besar saat ini, hampir usai.

Baca juga: Pelanggan Netflix Bertambah 16 Juta dalam 3 Bulan

Kekhawatiran ini juga menyebabkan harga saham Netflix anjlok lebih dari 40 persen dari pencapaian puncaknya pada pertengahan November (sekitar 700 dollar AS atau setara Rp 10 juta).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.