Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Gaji Pekerja IT di Indonesia?

Kompas.com - 25/01/2022, 15:15 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bidang teknologi dan informatika (IT) menjadi salah satu yang cukup dilirik para pekerja saat ini.

Menurut laporan "The Future of Jobs Report 2021" dari World Economic Forum (WEF), pengaruh digitalisasi yang terus melejit membuat terbukanya banyak berbagai lowongan kerja pada 2025 nanti.

Beberapa profesi IT yang juga semakin dibutuhkan industri digital seperti data scientist, data analyst, data engineer, software dan application developer, dan lain sebagainya.

Beberapa profesi di bidang IT juga menawarkan gaji yang cukup menarik, bahkan untuk level pemula.

Baca juga: Profesi Bidang IT yang Banyak Dicari 5 Tahun ke Depan

Menurut laporan "Tren dan Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021" yang dihimpun oleh perusahaan marketplace lowongan kerja Glints yang bisa diunduh di tautan ini, rata-rata gaji pekerja IT di Indonesia mulai dari Rp 10-30 Juta.

Tentu saja, perolehan disesuaikan dengan level jabatan, dari pemula hingga eksekutif. Lantas, berapa rata-rata gaji pekerja IT di Indonesia? Berikut daftarnya:

Backend engineer

Rata-rata gaji backend engineer di Indonesia adalah Rp 13-30 juta. Backend engineer bertanggung jawab untuk merancang, membangun, dan memelihara sisi server dari aplikasi web.

Seorang backend engineer harus memiliki keahlian dalam bahasa pemograman seperti PHP, Python, Ruby, Javam .Net, Javascript, HTML5, dan CSS3. Mereka juga dituntut untuk mengerti sistem database.

Frontend engineer

Rata-rata gaji frontend engineer di Indonesia adalah Rp 9-28 juta. Frontend engineer bertanggung jawab membangun dan merancang tampilan aplikasi website secara responsif, dinamis, dan mengoptimasi kecepatan website. Seorang frontend engineer harus memiliki keahlian HTML5, CSS3, Javascript.

Baca juga: 6 Pilihan Profesi di Industri E-Sport yang Bisa Dilirik Milenial

Full stack developer

Rata-rata gaji full stack developer di Indonesia berkisar Rp 11 - 25 juta. Full stack developer memiliki tanggung jawab dalam merancang, memelihara server sekaligus merancang tampilan aplikasi website. Adapun skill yang harus dimiliki merupakan gabungan dari backend dan frontend engineer.

Data scientist

Rata-rata gaji data scientist di Indonesia berkisar Rp 10-27 juta. Data scientist memiliki tugas menganalisa database perusahaan untuk meningkatkan pengembangan produk, marketing, dan strategi bisnis.

Skill yang dibutuhkan seorang data scientist adalah dapat menganalisis dalam konsep matematika dan statistik, coding, dan mahir mengelola big data.

Data analyst

Rata-rata gaji data analyst di Indonesia berkisar Rp 10-24 juta. Data analyst bertanggung jawab dalam menganalisis data dan harus mampu mengomunikasikan hasil olahan data secara efektif.

Dalam praktiknya, data analyst akan berpikir cepat dan jangka pendek dalam menyelesaikan masalah.

Adapun keterampilan yang dibutuhkan seorang data analyst adalah memahami Structured Query Language (SQL), menguasai Microsoft Excel, memiliki penalaran kritis, memahami bahasa pemrograman seperti R atau Python-Statistical.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com