Kompas.com - 25/01/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Fitur rekam layar atau screen record kini sudah mudah ditemukan di berbagai jenis smartphone, termasuk iPhone. Screen record sangat berfungsi ketika Anda ingin merekam objek yang bergerak di layar iPhone.

Misalnya, Anda bisa menggunakan screen record untuk merekam cara Anda dalam mengoperasikan berbagai fitur dan aplikasi yang ada di iPhone. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi melakukan tangkapan layar satu per satu pada objek yang bergerak di layar iPhone.

Anda bisa menggunakan screen record dengan klik tombol khusus yang ada di pusat pengaturan cepat. Namun, tombol khusus itu tidak muncul otomatis di pusat pengaturan cepat. Mungkin bagi sebagian pengguna iPhone, bakal tidak menemukan tombol khusus itu.

Apabila Anda tidak menemukan tombol screen record di iPhone, jangan khawatir. Tombol tersebut memang perlu diaktifkan terlebih dahulu. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan screen record di iPhone?

Anda bisa mengaktifkan tombol screen record di iPhone dengan menambahkannya dulu di pusat pengaturan cepat dengan cara sebagai berikut:

  • Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu "Pengaturan" atau "Settings"
  • Kemudian, klik opsi "Pusat Kontrol"
  • Klik, ikon tambah berwarna hijau pada opsi "Perekaman Layar".

Ilustrasi cara mengaktifkan screen record iPhoneKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengaktifkan screen record iPhone

Dengan menambahkan opsi tersebut, Anda kini bisa mengakses tombol screen record di pusat pengaturan cepat. Tombol itu memiliki fungsi untuk memulai perekaman di layar iPhone.

Selain itu, Anda juga bisa membuat rekaman layar dengan suara secara bersamaan. Saat screen record aktif, Anda bisa melakukan perekaman suara sekaligus.

Fitur itu sangat berguna ketika Anda ingin membuat video untuk menunjukkan cara mengoperasikan iPhone yang sekaligus ada suara penjelasannya. Cara merekam layar dengan suara di iPhone sangat mudah.

Semuanya bisa diakses lewat tombol screen record yang telah diaktifkan tadi. Anda tidak perlu repot membuka aplikasi voice record di iPhone agar bisa melakukan perekaman layar dengan suara sekaligus.

Baca juga: Cara Melacak iPhone yang Hilang Menggunakan Aplikasi Find My

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.