Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

EmojiMix Viral di TikTok, Begini Cara Membuatnya

Kompas.com - 25/01/2022, 17:45 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan, platform media sosial TikTok diramaikan dengan video permainan EmojiMix. Para pengguna TikTok saling pamer emoji hasil permainan EmojiMix.

EmojiMix pada dasarnya merupakan permainan yang menggabungkan atau mencampurkan dua bentuk emoji menjadi satu bentuk emoji baru yang berbeda dan unik. Permainan ini bisa dicoba di platform EmojiMix yang dikembangkan oleh Tikolu.

Di platform EmojiMix, berbagai macam emoji atau simbol ekspresi tertentu yang kerap disisipkan dalam chat, akan dimodifikasi.

Baca juga: Daftar Situs untuk Download Video TikTok Tanpa Watermark

Permainan dari EmojiMix ini memang sangat sederhana. Namun, permainan ini cukup menarik karena bisa melihat hasil peleburan dua emoji menjadi satu bentuk baru yang unik. Hasil peleburan emoji itu lalu saling dipamerkan pengguna ke media sosial, seperti TikTok, WhatsApp, Twitter, dan sebagainya.

Anda bisa mulai membuat EmojiMix dengan mengunjungi situs web Tikolu. Berikut cara membuat EmojiMix lewat Tikolu:

  • Buka situs Tikolu.net lewat browser yang ada di laptop atau ponsel
  • Pada halaman awal klik opsi "emojimix" lalu klik opsi "Click here to begin"
  • Anda bakal ditampilkan dengan dua kolom untuk mencari emoji dan menggabungkannya
  • Pilih emoji pada masing-masing kolom tersebut dengan cara digulir atau bisa juga dengan klik ikon "Search" yang berada di samping kolom.
  • Sesuaikan posisi dua emoji yang ingin digabung dengan tanda tambah
  • Setelah itu, bakal muncul hasil penggabungan dari dua emoji yang ada di masing-masing kolom tersebut.
  • Hasil penggabungan emoji itu bisa dibagikan dengan cara klik tombol opsi "salin gambar", "salin tautan", atau "bagikan".

Hasil penggabungan emoji akan muncul dalam format PNG. Sehingga, pengguna tidak bisa menyisipkannya di dalam chat layaknya emoji pada umumnya. Akan tetapi, emoji ini masih bisa disulap menjadi stiker dan dikirim via WhatsApp.

Baca juga: Arti Emoji Tangan di Atas Kepala, di Samping Bahu, Tepuk Jidat, dan Membungkuk

Dengan klik tombol bagikan di EmojiMix, Anda bisa saling berbagi gambar emoji bentuk baru yang unik dengan teman-teman lewat media sosial.

Selain menggunjungi situs web Tikolu, Anda juga bisa menjajal menggabungkan emoji lewat beberapa aplikasi serupa yang berada di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Anda cukup mengetik kata kunci berupa "emoji mix" di toko aplikasi tersebut lalu bakal muncul aplikasi penggabung emoji lain yang hampir mirip dengan EmojiMix dari Tikolu.

Perlu diperhatikan sebelum mengunduh aplikasi tersebut, baca terlebih dahulu ulasan dari pengguna lain. Sebab, beberapa aplikasi mendapat skor ulasan di bawah rata-rata dan berpotensi aplikasi abal-abal. Demikian cara membuat EmojiMix, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com