Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2022, 10:46 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com- Vivo resmi meluncurkan ponsel anyarnya Vivo V23 5G di Indonesia, Selasa (25/1/2022). Ponsel ini tampil dengan cangkang (case) yang memiliki gradasi warna cukup unik.

Pasalnya, warna di punggung Vivo v23 5G seolah bisa berubah ketika terpapar sinar matahari. Vivo sendiri menyebut kemampuan itu sebagai UV color changing.

KompasTekno berkesempatan mencoba Vivo V23 5G varian warna Sunshine Gold. Berikut unboxing sekaligus ulasan hands on Vivo V23 5G.

Desain Mirip iPhone

Kesan pertama yang muncul saat melihat fisik Vivo V23 5G adalah "mirip iPhone 13", khususnya untuk tampilan depan ponsel yang dihiasi notch atau poni. Namun, ukuran poninya tampak lebih kecil.

Layarnya memiliki bentang 6,44 inci dengan panel AMOLED yang menawarkan resolusi Full HD Plus. Poni layar juga disematkan untuk mengemas dua kamera selfie dan beberapa sensor.

Ukuran poninya sendiri terbilang cukup ramping dan tidak begitu mengganggu konten yang ditampilkan.

Hands on Vivo V23 IndonesiaKompas.com/Lely Maulida Hands on Vivo V23 Indonesia

Bezel layar yang tipis di hampir semua sisi juga membuat tampilan Vivo V23 5G tampak luas. Tak hanya itu, Vivo juga menyematkan refresh rate (laju penyegaran layar) 90 Hz, sehingga pengoperasian ponsel terasa nyaman untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun menavigasi menu.

Baca juga: Vivo V23 5G Resmi di Indonesia, Berkamera Selfie 50MP Harga Rp 5,99 Juta

Selain poni, bingkai logam yang menghiasi Vivo V23 5G membuat ponsel ini mirip dengan iPhone SE. Pada bingkai ini, Vivo menyematkan sejumlah tombol seperti tombol volume dan power di sisi kanan ponsel.

Sementara area bawah ponsel digunakan untuk memfasilitasi sejumlah fitur lainnya seperti port USB tipe C, lubang speaker, mikrofon, serta slot kartu SIM yang mendukung dua kartu SIM berjenis nano.

Bodi Samping Vivo V23Kompas.com/Lely Maulida Bodi Samping Vivo V23

Punggung Vivo V23 5G dihiasi dengan case yang matte, namun masih terasa agak licin. Kendati demikian, Vivo juga menyertakan softcase untuk mengatasi hal ini.

Memiliki dimensi 157,2 x 72,4 x 7,4 dan tebal 7,6 mm bodi Vivo V23 5G terasa nyaman digenggam karena ukurannya cukup compact. Bobotnya juga terbilang standar, 179 gram, sehingga nyaman digenggam dengan satu tangan.

Warna Vivo V23 5G yang kami ulas kali ini yaitu Sunshine Gold atau oranye keemasan. Ketika terpapar sinar matahari, warnanya akan tampak seperti perpaduan hijau dan biru. Vivo menyebut, konsep ini menggunakan teknologi UV color changing, yang membuat case ponsel dapat berubah warna.

Baca juga: Melihat Kemampuan Kamera Selfie Ganda di Vivo V23 5G

Bodi belakang Vivo V23Kompas.com/Lely Maulida Bodi belakang Vivo V23

Selain warnanya yang bisa berubah, pengguna juga bisa memakai aksesori lain untuk mempercantik casing Vivo V23 5G, yakni dengan mencetak stiker sehingga menghasilkan pola yang akan timbul ketika terpapar sinar matahari.

Namun pola yang dihasilkan tidak akan bertahan lama, khususnya ketika terpapar sinar matahari. Sementara di area gelap dengan sinar UV, pola tersebut bisa bertahan lebih dari 2 menit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com