Kompas.com - 26/01/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Platform marketplace Shopee memiliki tampilan jasa pengiriman yang berbeda. Pengguna tidak lagi diberi opsi untuk memilih jasa pengiriman atau kurir semudah dulu.

Di tampilan yang baru, hanya muncul beberapa opsi jasa pengiriman yang terdiri dari jasa pengiriman "reguler", "instant", "next day", "hemat", dan "kargo". Adapun perbedaan jasa pengiriman tersebut dibedakan berdasarkan lamanya waktu pengiriman.

Jasa pengiriman "reguler" misalnya, memerlukan waktu 2-5 hari pengiriman. Sementara opsi "instant", memerlukan waktu satu hari pengiriman.

Opsi lainnya, yakni "next day" membutuhkan 2-3 hari pengiriman, opsi "hemat" membutuhukan 2-8 hari waktu pengiriman, dan "kargo" bisa memakan waktu 1-5 hari pengiriman. Semuanya dilakukan di hari kerja.

Baca juga: Cara Top Up Diamond Mobile Legends (ML) di Shopee dan Tokopedia

Shopee mengeklaim perubahan itu bertujuan untuk memberikan pengalaman belanja online yang lebih baik. Namun, sebagian pengguna justru mengeluh lantaran kurang terbiasa dengan perubahan itu. Sebab, opsi jasa pengiriman dipilih secara otomatis berdasarkan sistem.

Meskipun begitu sebenarnya pelanggan Shopee masih dapat memilih jenis ekspedisi sesuai yang diinginkan dengan melakukan beberapa cara. Berikut KompasTekno rangkum cara mengubah jasa pengiriman di Shopee.

Cara memilih jasa pengiriman di Shopee

Cara Mengganti Kurir ShopeeKompas.com/Soffya Ranti Cara Mengganti Kurir Shopee

Pastikan dulu Anda telah memilih produk yang akan dibeli atau sudah melakukan check out produk tersebut. Untuk mengganti jasa pengiriman, berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu jasa pengiriman
  • Pilih menu jasa pengiriman
  • Lihat “Informasi Pengiriman”
  • Klik “Ubah” di pojok kanan informasi pengiriman
  • Setelah itu Anda dapat memilih jasa pengiriman sesuai yang diinginkan seperti menggunakan JNE reguler, J&T Express, Anteraja, dan lain sebagainya
  • Selesai, kini jasa ekspedisi Anda telah berubah

Baca juga: Cara Bagikan Link Shopee Affiliate ke TikTok, Facebook, WhatsApp, dan Instagram

Perlu diingat, pengguna hanya dapat mengganti jasa pengiriman di Shoppe dalam kurun waktu satu jam setelah melakukan check out. Mengubah jasa pengiriman hanya bisa dilakukan sebanyak satu kali. Itulah cara mengganti jasa pengiriman di Shopee. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.