Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulkas Samsung Bisa Jadi Pusat Kontrol Smart Home dan Diperintah Pakai Suara

Kompas.com - 27/01/2022, 16:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi memboyong kulkas pintar model side-by-side terbarunya ke Indonesia, yaitu Samsung Family Hub, melalui acara peluncuran pada Kamis (27/1/2022).

Seperti namanya, kulkas yang sudah dilengkapi dengan layar sentuh tersebut bisa digunakan sebagai pusat kontrol (hub) untuk menghubungkan berbagai perangkat yang ada di satu rumah.

Head of Home Appliances Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, Melvin Rubianto, mengatakan bahwa perangkat-perangkat yang bisa dihubungkan ke Samsung Family Hub cukup beragam, khususnya yang memiliki aplikasi SmartThings.

Baca juga: Kulkas Pintar Samsung dengan Layar Sentuh Resmi di Indonesia, Harga Rp 30 Juta

SmartThings sendiri adalah aplikasi yang digunakan untuk mengontrol perangkat Internet of Things (IoT) untuk rumah cerdas.

"Kulkas ini bisa dihubungkan ke semua perangkat Samsung yang memiliki SmartThings dan konektivitas WiFi, seperti Air Purifier, AC, Smart TV, dan lain sebagainya," tutur Melvin kepada KompasTekno.

Melvin melanjutkan, perangkat-perangkat yang terhubung tersebut nantinya bisa langsung dioperasikan, misalnya dinyalakan atau dimatikan, melalui layar kulkas.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan perintah suara untuk sekadar mematikan atau menyalakan perangkat pintar yang sudah terhubung dengan Samsung Family Hub.

Jika dibayangkan, penggunaannya mirip dengan mengoperasikan perangkat melalui speaker pintar Google Nest yang terhubung aplikasi Google Home.

Ilustrasi pengoperasian Samsung Family Hub menggunakan asisten digital Bixby.Samsung Ilustrasi pengoperasian Samsung Family Hub menggunakan asisten digital Bixby.
Asisten digital yang didukung kulkas teranyar Samsung ini hanya voice assistant bikinan Samsung sendiri, Bixby. Itu pun, belum tersedia dukungan Bahasa Indonesia.

"Google Assistant sejauh ini belum (tersedia). Dukungan asisten digital Bixby berbahasa Indonesia juga saat ini belum tersedia, dan saat ini sedang dalam proses pengembangan," kata Melvin.

Baca juga: Samsung Indonesia Buka Pre-order Galaxy S22 pada 9 Februari 2022

Melvin melanjutkan, smartphone yang bisa dihubungkan dengan kulkas Samsung Family Hub sendiri tidak harus ponsel bermerek Samsung.
 
Pasalnya, aplikasi SmartThings saat ini tersedia di toko aplikasi Play Store (Android) dan App Store (iOS), dan Melvin mengatakan bahwa semua perangkat yang memiliki SmartThings bisa terhubung dengan kulkas terbarunya itu.

"Selain smartphone (Samsung) sebenarnya bisa (terhubung dengan kulkas), asalkan menggunakan aplikasi SmartThings," pungkas Melvin.

Di Tanah Air, Samsung Family Hub hadir dengan varian warna hitam dan dibanderol Rp 30 juta.

Kulkas tersebut sudah bisa dibeli di sejumlah toko resmi Samsung mulai hari ini, baik secara offline maupun online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com