XL Axiata Caplok 66 Persen Saham Link Net Senilai Rp 8,72 Triliun

Kompas.com - 28/01/2022, 11:01 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Axiata Group Berhad dan PT XL Axiata Tbk mengumumkan penandatanganan perjanjian jual-beli saham bersyarat (PJB) untuk mengakuisisi 66,03 persen saham dari PT Link Net Tbk.

PT Link Net Tbk sendiri adalah perusahaan penyedia jasa internet merek First Media.

Harga pembelian yang telah disepakati Axiata, XL Axiata, dan Link Net adalah Rp 4.800 per saham biasa pada Link Net, dengan nilai transaksi mencapai Rp 8,72 triliun.

Dengan pembelian ini, Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd, anak perusahaan yang berada di bawah payung Axiata Group, bakal memiliki porsi saham Link Net yang lebih besar dengan 46,03 persen. Sedangkan sisanya, yaitu 20 persen, adalah milik XL Axiata.

Baca juga: Axiata dan Sinarmas Disebut Sedang Menjajaki Merger XL-Smartfren

Ke depannya, Axiata Investments juga diwajibkan untuk melakukan penawaran tender wajib (Mandatory Tender Offer/MTO) untuk 33,97 persen saham Link Net yang tersisa, sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Adapun transaksi atas akuisisi 66,03 persen saham Link Net, begitu juga rencana MTO Axiata Investments tadi, diprediksi bakal rampung sekitar kuartal ketiga tahun 2022 ini, tergantung persetujuan dari regulator dan para pemegang saham.

Alasan akuisisi

Presiden & Group CEO Axiata, Dato Izzaddin Idris, mengatakan bahwa akuisisi saham Link Net ini selaras dengan rencana perusahaan yang ia pimpin untuk mendukung inklusi digital, seiring dengan berkembangnya bisnis digital di wilayah Asia.

"Baik XL Axiata dan Link Net berada di tempat yang baik untuk menghasilkan sinergi melalui kekuatan bersama mereka dalam layanan komunikasi tanpa kabel (wireless communication services)," kata Idris dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (28/1/2022).

"Dengan memanfaatkan kekuatan bisnis telekomunikasi kami dari XL Axiata dan solusi konektivitas serta broadband dari Link Net, kami berharap dapat memberikan solusi konvergensi yang berfokus pada pelanggan segmen perumahan dan korporasi," imbuh Idris.

Hal serupa juga disampaikan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini. Menurut Dian, akuisisi saham Link Net ini membuka potensi untuk menggabungkan strategi dan kekuatan kedua perusahaan dalam konektivitas seluler, layanan broadband berbasis kabel, dan konten.

Baca juga: Dapat Sertifikat ULO, XL Axiata Siap Gelar 5G

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.