Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Siapa Saja yang Menggunakan WiFi, Bisa lewat HP

Kompas.com - Diperbarui 22/01/2023, 11:26 WIB

KOMPAS.com - Koneksi internet dari jaringan WiFi tiba-tiba lemot? Coba periksa dulu siapa saja yang menggunakan WiFi Anda. Terlalu banyak perangkat yang tersambung dalam satu jaringan WiFi bisa membuat kecepatan internet jadi lebih lamban.

Pasalnya, bandwidth atau kecepatan internet yang ada di satu jaringan WiFi harus dibagi rata ke beberapa perangkat. Misalnya, Anda memiliki WiFi dengan kecepatan internet 30 Mbps, kalau ada tiga perangkat terhubung maka tiap perangkat memiliki bandwith 10 Mbps.

Baca juga: Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Koneksi Internet

Bayangkan jika ada 30 perangkat yang tersambung ke jaringan WiFi milik Anda secara bersamaan. Tentu itu akan membuat koneksi internet jadi semakin lemot.

Apabila sudah ada tanda-tanda koneksi internet mulai lemot, bisa dicoba untuk memeriksa perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi Anda. Bisa jadi ada perangkat yang tidak dikenal sedang mengakses jaringan WiFi Anda.

Cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi cukup mudah. Anda bisa memeriksanya hanya lewat browser di handphone (HP), dengan cara sebagai berikut:

  • Buka browser yang ada di ponsel Anda
  • Masukkan alamat IP (Internet Protocol) "192.168.1.1" di kolom pencarian situs web
  • Setelah itu, masukkan username "admin" dengan password "Telkomdso123"
  • Selanjutnya di halaman awal alamat IP itu pada opsi "WLAN", bakal muncul langsung status nama perangkat yang sedang terhubung dalam jaringan WiFi Anda.

Ilustrasi cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi lewat HPKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi lewat HP

Jika Anda tidak mengenali perangkat tersebut, Anda bisa langsung mengganti password jaringan WiFi dengan menuju ke menu pengaturan "WLAN SSID". Setelah membuat password baru, jangan lupa untuk klik tombol "save" atau "apply".

Perlu diketahui, tiap jaringan WiFi memiliki alamat IP yang berbeda-beda sesuai dengan merek perangkat router atau modemnya.

Baca juga: Cara Tethering WiFi iPhone dan Mengaktifkan Hotspot Pribadi yang Hilang

Kemudian, setiap tipe router atau modem dari satu merek biasanya juga memiliki konfigurasi username dan password yang berbeda.

Jika, Anda menggunakan perangkat router atau modem dengan tipe yang berbeda, Anda perlu untuk mencari alamat IP sekaligus username dan password-nya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.