Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Siapa Saja yang Menggunakan WiFi, Bisa lewat HP

Kompas.com - Diperbarui 22/01/2023, 11:26 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Koneksi internet dari jaringan WiFi tiba-tiba lemot? Coba periksa dulu siapa saja yang menggunakan WiFi Anda. Terlalu banyak perangkat yang tersambung dalam satu jaringan WiFi bisa membuat kecepatan internet jadi lebih lamban.

Pasalnya, bandwidth atau kecepatan internet yang ada di satu jaringan WiFi harus dibagi rata ke beberapa perangkat. Misalnya, Anda memiliki WiFi dengan kecepatan internet 30 Mbps, kalau ada tiga perangkat terhubung maka tiap perangkat memiliki bandwith 10 Mbps.

Baca juga: Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Koneksi Internet

Bayangkan jika ada 30 perangkat yang tersambung ke jaringan WiFi milik Anda secara bersamaan. Tentu itu akan membuat koneksi internet jadi semakin lemot.

Apabila sudah ada tanda-tanda koneksi internet mulai lemot, bisa dicoba untuk memeriksa perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi Anda. Bisa jadi ada perangkat yang tidak dikenal sedang mengakses jaringan WiFi Anda.

Cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi cukup mudah. Anda bisa memeriksanya hanya lewat browser di handphone (HP), dengan cara sebagai berikut:

  • Buka browser yang ada di ponsel Anda
  • Masukkan alamat IP (Internet Protocol) "192.168.1.1" di kolom pencarian situs web
  • Setelah itu, masukkan username "admin" dengan password "Telkomdso123"
  • Selanjutnya di halaman awal alamat IP itu pada opsi "WLAN", bakal muncul langsung status nama perangkat yang sedang terhubung dalam jaringan WiFi Anda.

Ilustrasi cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi lewat HPKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi lewat HP

Jika Anda tidak mengenali perangkat tersebut, Anda bisa langsung mengganti password jaringan WiFi dengan menuju ke menu pengaturan "WLAN SSID". Setelah membuat password baru, jangan lupa untuk klik tombol "save" atau "apply".

Perlu diketahui, tiap jaringan WiFi memiliki alamat IP yang berbeda-beda sesuai dengan merek perangkat router atau modemnya.

Baca juga: Cara Tethering WiFi iPhone dan Mengaktifkan Hotspot Pribadi yang Hilang

Kemudian, setiap tipe router atau modem dari satu merek biasanya juga memiliki konfigurasi username dan password yang berbeda.

Jika, Anda menggunakan perangkat router atau modem dengan tipe yang berbeda, Anda perlu untuk mencari alamat IP sekaligus username dan password-nya.

Namun, umumnya untuk router atau modem dengan merek ZTE bakal memiliki alamat IP antara lain, seperti "192.168.1.1", "192.168.1.253", atau "192.168.1.254".

Kemudian, secara default konfigurasi username dan password alamat IP untuk router merek ZTE biasanya masing-masing terdiri dari "admin" dan "admin" atau "admin" dan "Telkomdso123".

Apabila router Anda bukan bermerek ZTE, Anda bisa mencari di Google dengan kata kunci "alamat IP" dan merek router yang dipakai.

Baca juga: Cara Mencari WiFi Terdekat dengan Aplikasi Facebook

Cara di atas dijajal menggunakan perangkat router dengan merek ZTE tipe ZXHN FD670 dan alamat IP dibuka menggunakan browser Safari yang ada di HP dengan sistem operasi iOS.

Berbeda jenis browser HP dan merek router atau modem, kemungkinan bakal memiliki tampilan dan tata letak opsi yang berbeda pula.

Meski beda, pada dasarnya untuk melihat perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi, tetap perlu membuka alamat IP router kemudian mengakses menu "WLAN". Demikian cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi lewat HP, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com