Ciri-ciri iPhone HDC, Apa Bedanya dengan iPhone Original?

Kompas.com - 29/01/2022, 19:09 WIB

KOMPAS.com - HDC merupakan singkatan dari Hand Copy Draw atau yang berarti barang versi tiruan, replika, abal-abal, KW, atau palsu. Cukup banyak gadget khususnya ponsel yang merupakan versi HDC, salah satunya iPhone.

Jadi, iPhone HDC adalah iPhone versi tiruan yang bukan resmi dikeluarkan oleh Apple. Apabila Anda menemukan orang menjual iPhone di marketplace dengan tambahan deskripsi bertuliskan HDC maka jelas itu bukan iPhone versi original atau asli.

Bagi sebagian kalangan, iPhone memang tampak mewah dan harganya sangat mahal, sebab itu tak jarang ada orang yang menawarkan iPhone versi HDC. Pasalnya, iPhone HDC bisa diperoleh dengan harga yang sangat murah.

Bahkan, harganya jauh lebih rendah daripada iPhone versi asli. Berdasar pantauan KompasTekno di salah satu martketplace, iPhone 13 Pro Max HDC dijual dengan harga sekitar Rp 2 juta - Rp3 juta.

Secara bentuk fisik, iPhone HDC tidak tampak memiliki perbedaan yang jauh dengan iPhone versi asli. Namun jika ditengok di sisi fitur dan spesifikasinya, iPhone HDC tidak sama seperti iPhone versi original.

Dengan harga yang murah dan bentuk fisik yang serupa dengan iPhone versi asli, sebagian orang tergiur untuk membeli iPhone HDC. Namun, sebelum Anda ikut-ikutan tergiur membeli, cek ciri-ciri iPhone HDC serta perbedaannya dengan iPhone versi asli.

Selengkapnya, simak rangkuman KompasTekno terkait perbedaan iPhone HDC dan iPhone orisinil berikut ini:

Tidak ada App Store

iPhone HDC juga memiliki tampilan antarmuka (UI) yang dibuat mirip dengan iPhone versi asli. Dari bentuk logo aplikasi hingga letak opsinya, bisa dikatakan mirip dengan yang ada di iPhone versi asli.

Perbedaan iPhone HDC dan iPhone original bisa ditemukan jika Anda membuka aplikasi App Store dan iTunes. Toko aplikasi milik Apple itu telah dimodifikasi sehingga tampak mirip dengan yang aslinya.

App Store dan iTunes yang ada di iPhone HDC ketika dibuka malah tersambung ke Google Play Store. Padahal, Google Play Store sendiri merupakan toko aplikasi yang biasa ada di ponsel dengan sistem operasi Android.

Baca juga: Resmi Dijual di Indonesia, Ini Daftar Harga iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.