Kompas.com - 30/01/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Google tampaknya ingin terus membuat asisten digital mereka menjadi lebih pintar seiring berjalannya waktu.

Salah satunya adalah dengan membekali Google Assistant dengan perintah-perintah suara umum yang bisa dijalankan tanpa harus mengatakan "OK, Google" atau "Hey, Google". 

Beberapa perintah suara tersebut di antaranya seperti "answer" untuk menjawab panggilan telepon yang masuk, hingga "stop" untuk menghentikan bunyi alarm.

Baca juga: Panggil Google Assistant di Ponsel Tak Perlu Sebut OK Google?

Kini, frasa stop juga bisa digunakan untuk membungkam fitur Google Assistant yang sedang "ngoceh" atau bicara terlalu lama. Kabar terbaru ini disampaikan Google melalui sebuah postingan Twitter yang diunggah lewat handle @Google. 

Sebagai gambaran, fitur baru ini akan bermanfaat bagi pengguna yang ingin menghentikan suara Google Assistant yang saat memberikan tutorial tentang suatu fitur, membacakan sebuah dongeng atau artikel, dan lain sebagainya.

Sebelum ada fitur terbaru ini, pengguna sendiri harus mengawali setiap perintah dengan "Ok, Google" tadi apabila ingin menghentikan sesuatu yang sedang dibacakan Google Assistant.

Baca juga: Inilah Celia, Asisten Virtual dari Huawei Pesaing Google Assistant

Dijajal di Google Nest Mini 2

Ilustrasi Google Nest Mini 2.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Google Nest Mini 2.

KompasTekno sendiri menjajal fitur untuk menghentikan ocehan Google Assistant ini melalui perangkat Google Nest Mini 2 yang sudah berbahasa Indonesia. Namun, perintah "stop" atau "hentikan" tampak diabaikan oleh Google.
 
Meski demikian, fitur ini sudah tersedia dan berfungsi dengan baik apabila bahasa yang digunakan Google Assistant, dalam hal ini Google Nest Mini 2, adalah bahasa Inggris. Artinya, fitur ini tampaknya belum tersedia untuk Google Assistant berbahasa Indonesia.
 
Selain melalui Google Nest Mini 2, kami juga menguji coba fitur stop ini di Google Assistant yang berada di perangkat smartphone, namun tampaknya belum bisa berfungsi sebagaimana mestinya, baik itu di mode bahasa Inggris maupun Indonesia.
 
Percobaan ini cocok dengan berbagai laporan yang mengeklaim bahwa fitur tersebut saat ini masih dalam tahap awal dan hanya tersedia di perangkat smart display dan smart speaker saja, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Minggu (30/1/2022).
 
Biasanya, suatu fitur terbaru Google sendiri, termasuk aneka fitur Google Assistant, akan hadir di berbagai jenis perangkat dan disebar ke lebih banyak bahasa, tak terkecuali bahasa Indonesia, dalam beberapa waktu ke depan. Kita nantikan saja.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.