Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 15.4 Kedatangan Emoji Baru, Ada Wajah Meleleh dan Simbol Hati dari Tangan

Kompas.com - 31/01/2022, 08:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Bersamaan dengan rilisnya pembaruan sistem operasi iOS 15.4 versi Beta, Apple turut menghadirkan deretan emoji baru untuk pengguna perangkat iPhone.

Rangkaian emoji yang tergabung dalam update Unicode 14 ini sudah disetujui sejak September 2021 lalu oleh pihak Unicode Consortium selaku badan standarisasi emoji.

Setidaknya akan ada 37 emoji baru dengan 75 warna kulit (skin tone) untuk setiap emoji baru yang datang. Secara keseluruhan, akan ada 112 karakter emoji baru yang hadir pada pembaruan Unicode 14.

Beberapa di antaranya termasuk ekspresi menggigit bibir, wajah meleleh, kacang-kacangan, simbol hati dari tangan, hingga sikap memberikan hormat.

Baca juga: Anak 12 Tahun Jual NFT Emoji Ikan Paus, Laku Rp 5 Miliar

Ada pula simbol berjabat tangan dengan warna kulit berbeda, gelembung, pria hamil, sarang burung, bunga lotus, serta terumbu karang.

Rangkaian emoji baru tersebut bisa dilihat dalam sebuah gambar yang diunggah oleh akun dengan handle @Emojipedia melalui jejaring media sosial Twitter.

Kicauan yang diunggah pada 28 Januari 2022 ini telah mendapatkan respon retweet sebanyak 1.300 dan likes sebanyak 64.700.

Baca juga: Ini 10 Emoji yang Cocok Digunakan untuk Ucapan Selamat Tahun Baru 2022

Tidak hanya tersedia pada iOS 15.4 Beta, deretan emoji ini juga bisa ditemukan pada perangkat iPad melalui update software iPadOS 15.4 yang akan digelontorkan secara publik dalam beberapa pekan ke depan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mac Rumors, Senin (30/1/2022), pengguna perangkat Mac juga dapat mengakses puluhan emoji baru ini lewat pembaruan macOS Monterey 12.3.

Baca juga: Arti Emoji Dua Tangan Terbuka, Angkat tangan, Tangan Terima kasih, dan Jari Telunjuk

Unicode 14 sendiri sudah tersedia untuk perangkat yang menjalankan OS Android 12. Dengan kata lain, pengguna Android versi tersebut juga bakal bisa menggunakan dan mengirim emoji baru ini kepada pengguna lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com