Kompas.com - 31/01/2022, 13:14 WIB

KOMPAS.com - PeduliLindungi menjadi aplikasi yang berfungsi untuk membantu pengendalian dan pengawasan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Aplikasi ini wajib dimiliki masyarakat agar bisa melakukan check-in saat hendak memasuki ruang publik seperti pusat perbelanjaan, bandara, dan sebagainya.

Namun, aplikasi PeduliLindungi juga masih sering mengalami error atau gangguan, saat digunakan untuk check-in atau verifikasi pendaftaran masuk ke ruang publik.

Bentuk error aplikasi PeduliLindungi ini bermacam-macam, ada yang mengalami tidak bisa memindai atau scan barcode untuk check-in. Ada pula yang tidak bisa mengunduh sertifikat vaksin untuk memenuhi syarat perjalanan.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Diperbarui, Tampilan Lebih Segar dan Hemat Baterai

Halaman Satuan Tugas penanganan Covid-19 juga membenarkan bahwa PeduliLindungi kadangkala mengalami gangguan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengatasinya.

Berikut ini KompasTekno merangkum lima hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi error aplikasi PeduliLindungi.

1. Muat ulang aplikasi PeduliLindungi

Cara mengatasi aplikasi PeduliLindungi eror yang pertama adalah dengan memuat ulang aplikasinya. Anda bisa menutup penuh aplikasi PeduliLindungi di layar dan background ponsel.

Masing-masing ponsel biasanya memiliki cara yang berbeda untuk menutup penuh aplikasi. Ikuti panduan menutup aplikasi yang disediakan di ponsel Anda.

Setelah menutup penuh, buka kembali aplikasi PeduliLindungi.

2. Perbarui versi aplikasi PeduliLindungi

Selain memuat ulang, Anda bisa mengatasi aplikasi PeduliLindungi yang error dengan memeriksa pembaruan versinya di toko aplikasi masing-masing ponsel, seperti Google Play Store (untuk ponsel berbasis Android) atau App Store (untuk ponsel berbasis iOS).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.