Kompas.com - 31/01/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Bagi Anda konsumen belanja online pasti tidak asing lagi dengan platform marketplace Shopee. Banyak kemudahan cara belanja barang yang ditawarkan Shopee, salah satunya Anda bisa memanfaatkan layanan dompet digital ShopeePay.

Kadang ada promo khusus apabila membeli barang dengan metode pembayaran lewat ShopeePay. Selain promo, keunggulan lainnya yang ditawarkan ShopeePay adalah ShopeePayLater atau biasa disingkat dengan SPayLater.

SPayLater memungkinkan Anda untuk membeli barang dengan dana talangan yang dipinjamkan Shopee terlebih dahulu. Mudahnya, SpayLater memiliki skema "beli dulu, bayar nanti". Namun, tidak semua pengguna dapat mengaktifkan SPayLater.

SPayLater hanya dapat diaktifkan oleh pengguna yang aktif membeli barang di Shopee. Apabila Anda terpilih, Anda bakal memperoleh notifikasi otomatis dari Shopee untuk mengaktfikan SPayLater.

Jika sudah memperoleh notifikasi, cara mengaktifkan SPayLater ini cukup mudah dan bisa dilakukan langsung lewat aplikasi Shopee di ponsel. Sebelum mengaktifkan, siapkan syaratnya yaitu KTP dan NIK yang bisa diliat di Kartu Keluarga terlebih dulu.

Selengkapnya, simak penjelasan cara mengaktifkan SPayLater berikut ini:

  • Buka aplikasi Shopee di ponsel Anda masuk menggunakan akun yang telah terdaftar
  • Klik tab "Saya" yang berada di bagian bawah layar aplikasi
  • Selanjutnya, klik opsi "SPayLater"
  • Shopee bakal mengirimkan kode OTP lewat SMS ke nomor telepon yang terdaftar di akun Shopee Anda
  • Masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia lalu klik opsi "Lanjut"
  • Kemudian, Anda diminta untuk mengunggah foto KTP pada bingkai yang tersedia. Satu KTP hanya diperkenankan untuk mengaktivasi satu SPayLater.
  • Bersamaan dengan itu, masukkan nama lengkap dan NIK lalu klik opsi "konfirmasi"
  • Selanjutnya, Shopee bakal meminta untuk melakukan verifikasi wajah, pastikan koneksi internet Anda dalam keadaan yang baik saat menjalankan tahap ini
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan aktivasi SPayLater.

Setelah itu, permintaan aktivasi SPayLater bakal diproses lebih lanjut. Apabila permintaan aktivasi SPayLater diterima, Anda bakal mendapat pop up notifikasi bahwa aktivasi telah berhasil dan informasi tambahan tentang limit awal saldo SPayLater yang didapatkan.

Tiap pengguna memiliki limit awal saldo SPayLater yang berbeda-beda. Semakin sering Anda transaksi memakai SPayLater, saldo limit itu bakal meningkat hingga maksimal sebesar Rp 50 juta.

Baca juga: Cara Daftar Shopee Affiliates untuk Tambah Penghasilan

Saat menggunakan SPayLater untuk membeli barang di Shopee, Anda harus melunasi dana talangan itu dengan sistem kredit yang dibayar per bulan dengan beberapa pilihan termin, antara tiga bulan, enam bulan, dan sebagainya.

Kemudian, setelah aktivasi SPayLater berhasil, Anda bisa memilih tanggal jatuh tempo pembayaran kredit SPayLater, antara per tanggal 5 atau 25 di setiap bulannya.

Jika terlambat membayar kredit tersebut maka ada denda sebesar 5 persen per bulan dari seluruh total tagihan Anda, sebagaimana dikutip dari laman resmi tanya jawab Shopee.

Semua total tagihan bisa diperiksa lewat opsi SPayLater di aplikasi. Anda bisa membayar tagihan lewat berbagai metode, seperti transfer bank, pembayaran di kasir Indomaret, dan sebagainya.

Demikian cara mengaktifkan SPayLater, semoga bermanfaat dan gunakanlah kredit dengan bijak.

Baca juga: Cara Pesan Dua Barang yang Sama dengan Warna Berbeda di Shopee dan Tokopedia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.