Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Rilis Nova Y9a dengan Kamera Pop-up

Kompas.com - 01/02/2022, 07:15 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Huawei diam-diam meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya dari keluarga Nova Series, yakni Nova Y9a, di pasar Afirka Selatan.

Ponsel ini agaknya merupakan perangkat yang sama dengan Huawe1 Y9a yang  diluncurkan pada September 2020 lalu. Pembubuhan nama "Nova" kemungkinan digunakan untuk pasar lain, termasuk Afrika Selatan tadi.

Sama seperti Huawei Y9a, Nova Y9a ini dibekali dengan fitur andalan berupa modul kamera depan pop-up.

Kamera ini akan muncul saat hendak dipakai untuk selfie, dan disembunyikan ketika tidak dibutuhkan.

Modul kamera beresolusi 16 MP (f/2.2) ini disematkan di dalam bingkai ponsel bagian kiri atas. Penempatan kamera depan ini mirip dengan kamera pop-up di salah satu ponsel flagship Xiaomi, Poco F2 Pro.

Baca juga: Ponsel Lipat Huawei P50 Pocket Dirilis, Pesaing Galaxy Z Flip

Dengan adanya modul kamera pop-up, pengguna Nova Y9a tentunya bisa merasakan pengalaman layar ponsel berjenis IPS LCD dengan ukuran 6,63 inci dan resolusi Full HD Plus dengan maksimal secara full screen.

Beralih ke bagian belakang, ponsel ini juga dibekali dengan empat modul kamera yang disusun secara simetris dalam sebuah modul berbentuk lingkaran yang diletakkan di tengah atas punggung ponsel, mirip pula dengan posisi modul kamera belakang Poco F2 Pro.

Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.4), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Untuk sektor hardware, ponsel ini ditenagai dengan chipset Mediatek Helio G80 yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan media penympanan 128 GB. yang bisa diperluas dengan kartu Nano Memory hingga kapasitas 256 GB.

Sementara untuk sektor daya, Huawei Nova Y9a ditopang dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat via konektor USB tipe-C dengan daya 40W.

Baca juga: Huawei Pamer Botol Minum Pintar dengan HarmonyOS

Secara software, ponsel ini dibekali dengan sistem operasi (OS) Android 10 yang dilapisi dengan tampilan antarmuka khas Huawei, EMUI 10.1, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (1/2/2022).

Di Afrika Selatan, ponsel dengan dimensi ketebalan 8,955 meter dan bobot 197 gram ini hadir dalam varian warna Space Silver, Sakura Pink, dan Midnight Black. Banderolnya dipatok di angka 6.500 Rand Afrika Selatan atau sekitar Rp 6 juta.

Belum ada informasi apakah ponsel ini bakal diboyong ke pasar Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com