Kompas.com - 01/02/2022, 09:04 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp baru-baru ini membuat dan menyiarkan iklan televisi di Amerika Serikat (AS). Ini adalah kali pertama WhatsApp beriklan di televisi.

Iklan tersebut mempromosikan fitur unggulan WhatsApp, seperti keamanan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encryption).

Kehadiran iklan TV pertama WhatsApp ini juga diumumkan langsung oleh CEO WhatsApp Will Cathcart melalui sebuah kicauan di Twitter.

"Kami merilis kampanye pemasaran @WhatsApp pertama kami di AS hari ini. Ini sepenuhnya berfokus pada pentingnya enkripsi ujung ke ujung," tulis akun @wcathcart, sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (1/2/2022).

Baca juga: Cara Bikin Tulisan Berwarna di WhatsApp Android

Meski hanya disiarankan di stasiun televisi AS, iklan pertama WhatsApp ini juga bisa disaksikan pengguna WhatsApp di negara lainnya melalui video yang disertakan Cathcart.

Iklan TV berdurasi sekitar 1 menit itu menceritakan seorang tukang pos yang mengirimkan paket dan surat yang sudah tidak tersegel sebelum diterima oleh si penerima. Padahal, di dalam paket atau surat tersebut berisi barang dan informasi pribadi milik si penerima.

Alhasil, karena sudah tidak tersegel, isi paket dan surat tersebut bisa diintip oleh pihak lain selama proses pengiriman.

Nah, paket atau surat yang sudah tidak tersegel itu diibaratkan WhatsApp sebagai "pesan singkat" yang tak terlindungi dan bisa diintip oleh pihak lain.

Dalam iklan tersebut, WhatsApp mencatut data dari studi yang dilakukan oleh Asosiasi Wireless Internasional (CTIA) pada tahun 2019, yang menyebutkan bahwa ada lebih dari 5 miliar pesan SMS tidak terenkripsi yang dikirim di AS setiap harinya.

"Setiap pesan SMS yang kalian kirimkan yang tidak terenkripsi itu sama terbukanya dengan surat kalian yang sudah tidak tersegel," kata si tukang pos dalam iklan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Twitter
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.