Kompas.com - 02/02/2022, 08:45 WIB

KOMPAS.com - Pada 2021, beredar rumor yang mengatakan bahwa Samsung batal merilis Galaxy S21 FE. Namun, awal 2022 ini Samsung mematahkan kabar miring tersebut.

Samsung Galaxy S21 FE resmi diperkenalkan pada 4 Januari 2022. Sama seperti bocoran yang sudah banyak beredar, Samsung Galaxy S21 FE membawa bahasa desain yang serupa dengan anggota Galaxy S21 series lainnya.

Spesifikasinya pun mirip. Namun, tentu saja, embel-embel "FE" alias Fan Edition menjadi arti bahwa ponsel ini membawa spesifikasi yang lebih rendah.

Ada sejumlah hal yang berbeda atau dipangkas pada Samsung Galaxy S21 FE ini, dibanding "saudaranya".

Baca juga: Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Meluncur

Samsung Galaxy S21 FE 5G menjadi ponsel Samsung pertama yang diperkenalkan pada 2022 ini. KompasTekno mendapat kesempatan mencoba Samsung Galaxy S21 FE 5G versi Indonesia.

Ada kelebihan kami rasakan setelah mencoba Samsung Galaxy S21 FE 5G ini, seperti layar, kamera, serta tampilan.

Namun, kami juga menemukan adanya anomali di Samsung Galaxy S21 FE ini, khususnya bagian UI.

Begini kesan yang kami dapat setelah hampir satu bulan menggunakan Samsung Galaxy S21 FE 5G sebagai daily device.

Isi kemasan yang minimalis

Isi dan kelengkapan Samsung Galaxy S21 FE 5G versi Indonesia. Tidak ada kepala charger, earphone dan softcase. KOMPAS.com/Yudha Pratomo Isi dan kelengkapan Samsung Galaxy S21 FE 5G versi Indonesia. Tidak ada kepala charger, earphone dan softcase.
Sebelum masuk ke pembahasan soal perangkat, ada baiknya kita melihat dulu bagaimana tampilan kotak dan isi kemasan Samsung Galaxy S21 FE.

KompasTekno mendapat kesempatan untuk mencoba Galaxy S21 FE 5G berwarna putih. Ukuran kotak kemasan dari ponsel ini tampak ramping dan simple. Wajar saja, karena Samsung tidak menyertakan charger di dalam kemasan tersebut.

Kotak kemasan Samsung Galaxy S21 FE didominasi oleh warna putih dengan huruf "S" berwarna silver di bagian depan.

Tampilan kemasan ini tampak ringkas dan tidak neko-neko. Terdapat tulisan "Galaxy S21 FE" di bagian bawah dan sisi kiri.

Kotak kemasan ini juga memiliki motif yang hanya akan terlihat jika dilihat dengan seksama. Motif tersebut mewakili sejumlah ikon dari fitur yang dibawa seperti kamera macro, mode gelap, dll.

Seperti di kotak kemasan varian Galaxy S21 lainnya, Samsung juga menghilangkan kepala charger untuk Galaxy S21 FE 5G. Juga tidak ada earphone serta aksesori softcase.

Isi kotak kemasan Samsung Galaxy S21 FE 5G ini hanya berupa buku panduan singkat, kabel charger USB-C ke USB-C, kartu garansi, serta SIM ejector.

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Samsung Galaxy S21 FE

Ringan, plastik, tapi solid

Kesan yang kami dapat dari Samsung Galaxy S21 FE 5G adalah nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan.

Bobot dari Samsung Galaxy S21 FE 5G ini juga terasa ringan. Mengutip halaman GSM Arena, bobot ponsel ini sekitar 177 gram saja dengan dimensi 155.7 x 74.5 x 7.9 mm, lebih ringan ketimbang Samsung Galaxy S20 FE yang dirilis tahun lalu.

Bobot tersebut mengingatkan kami kepada Samsung Galaxy M52 5G yang juga terasa sangat enteng.

Bagian belakang Samsung Galaxy S21 FE 5G terbuat dari bahan plastik polikarbonat yang membuat penampilannya terlihat murah.KOMPAS.com/Yudha Pratomo Bagian belakang Samsung Galaxy S21 FE 5G terbuat dari bahan plastik polikarbonat yang membuat penampilannya terlihat murah.
Selama pemakaian sehari-hari, Samsung Galaxy S21 FE 5G terasa nyaman saat berada dalam saku.

Bingkai Samsung Galaxy S21 FE 5G terbuat dari aluminium yang solid, sementara cover belakang ponsel tersebut terbuat dari plastik polikarbonat dengan finishing matte.

Samsung Galaxy S21 FE memiliki tepian yang membulat sehingga terasa pas dan nyaman untuk digenggam.

Bagian belakang Galaxy S21 FE terbuat dari bahan plastik, termasuk modul kamera belakang yang terlihat sedikit menonjol.

Bodi plastik inilah yang membuat Samsung Galaxy S21 FE 5G terkesan "murah".

Walaupun demikian, plastik dengan finishing matte tersebut terasa cukup kesat ketika digenggam, sehingga ponsel tidak mudah jatuh dari tangan. Finishing tersebut juga membuat sidik jari tidak mudah menempel di bagian belakang.

Di sisi kanan Samsung Galaxy S21 FE 5G, terdapat tombol volume serta power yang bisa menjadi shortcut untuk asisten virtual Bixby.

Di bagian bawah, terdapat laci untuk dua kartu SIM tipe Nano. Namun, Samsung Galaxy S21 FE 5G tidak menyediakan slot untuk MicroSD sebagai penyimpanan tambahan.

Selain laci untuk kartu SIM, di bagian bawah terdapat pula port USB tipe C dan satu grill speaker. Samsung Galaxy S21 FE 5G ini bisa mengeluarkan suara stereo dengan satu speaker di bagian bawah dan satu lagi terselip di bagian frame atas.

Sementara di sisi kiri ponsel terlihat polos tanpa tombol dan di bagian atas terdapat mikrofon dan speaker yang nyaris tidak terlihat.

Baca juga: Video: Unboxing dan Hands-on Review Samsung Galaxy S21 FE 5G Indonesia

Layar tajam

Jika dibandingkan dengan varian Samsung Galaxy S21 lainnya, ukuran layar Samsung Galaxy S21 FE 5G berada di antara Galaxy S21 reguler dan Galaxy S21 Plus.

Samsung Galaxy S21 FE 5G dibekali dengan layar Dynamic AMOLED 6,4 inci Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, Eye Comfort Shield dengan AI based blue light control.

Samsung Galaxy S21 FE 5G dibekali dengan slot dual SIM, namun, tidak ada slot MicroSD di ponsel ini. KOMPAS.com/Yudha Pratomo Samsung Galaxy S21 FE 5G dibekali dengan slot dual SIM, namun, tidak ada slot MicroSD di ponsel ini.

Ukuran layar ini sedikit lebih luas dibanding Samsung Galaxy S21 reguler yang memiliki layar 6,2 inci. Namun, lebih kecil dari Samsung Galaxy S21 Plus dengan layar 6,7 inci.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.