Kompas.com - 02/02/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - NSP atau Nada Sambung Pribadi adalah layanan yang dimiliki Telkomsel untuk memberikan pengalaman musik yang berbeda. Pasalnya, layanan NSP akan memberikan penggalan lagu untuk menggantikan nada tunggu saat panggilan telepon sedang berlangsung.

Sehingga, nada tunggu yang terdengar tidak sekadar berbunyi “tut..,tut..,tut..”, yang mungkin cukup membosankan.

Pelanggan Telkomsel, baik prabayar maupun pascabayar bisa mengaktifkan layanan NSP lewat SMS ke nomor 1212. Pengguna juga bisa memilih koleksi lagu yang tersedia untuk mengaktifkan NSP.

Baca juga: Daftar Harga Paket Internet Sakti Telkomsel Terbaru

NSP Telkomsel dapat diaktifkan lewat sistem langganan dengan biaya yang diambil dari potongan pulsa. Biaya NSP Telkomsel beda-beda tergantung dari masa aktifnya. Pengguna bisa memilih masa aktif langganan NSP, antara tujuh hari, 14 hari, atau 30 hari.

Langganan NSP Telkomsel bakal diperpanjang otomatis saat telah habis masa aktifnya apabila pengguna punya pulsa yang cukup. Jadi selama Anda masih punya sejumlah pulsa tertentu, langganan NSP 1212 bakal otomatis diperpanjang dan pulsa itu bakal terpotong.

Namun, jika tidak lagi ingin berlangganan NSP Telkomsel, Anda bisa menonaktifkannya. Cara berhenti langganan NSP Telkomsel bisa dilakukan dengan mudah melalui dua cara, yakni lewat SMS dan kode USSD.

Baca juga: Cara Aktivasi Ulang Kartu Telkomsel yang Hangus

Berhenti langganan NSP Telkomsel ada dua tipe, yakni berhenti langganan secara penuh dan berhenti langganan pada satu lagu NSP tertentu. Selengkapnya, berikut cara berhenti langganan NSP Telkomsel.

Cara berhenti langganan NSP Telkomsel lewat SMS

  • Buka layanan SMS di ponsel Anda
  • Ketik OFF kirim ke 1212 (untuk menonaktifkan langganan secara penuh)
  • Ketik OFF (spasi) Kode Lagu NSP kirim ke 1212 (untuk menonaktifkan langganan pada satu lagu NSP tertentu).

Cara berhenti langganan NSP Telkomsel lewat kode USSD

  • Buka layanan panggilan telepon di ponsel Anda
  • Ketik kode USSD *121*9#
  • Selanjutnya, pilih nomor “4. Berhenti Langganan NSP”
  • Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan permintaan berhenti langganan NSP Telkomsel.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Telkomsel, selain cara yang tertera di atas, berhenti langganan NSP Telkomsel bisa dilakukan dengan tidak mengisi pulsa dalam periode masa tenggang langganan.

Baca juga: Nomor Kartu Telkomsel Prabayar yang Hangus Bisa Diaktifkan Lagi

Jika, Anda tidak memiliki cukup pulsa untuk memperpanjang langganan NSP Telkomsel maka secara otomatis Anda bakal masuk ke masa tenggang selama 60 hari, sebagaiamana dirangkum KompasTekno dari laman resmi Telkomsel, Rabu (2/2/2022).

Namun, apabila hingga masa tenggang saldo pulsa tetap belum mencukupi, maka NSP akan otomatis dinonaktifkan.

Cara di atas berlaku bagi semua jenis kartu Telkomsel, baik prabayar maupun pascabayar. Demikian cara menonaktifkan NSP Telkomsel, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.