Microsoft Klaim Adopsi Windows 11 Lebih Cepat dari Windows 10

Kompas.com - 02/02/2022, 15:02 WIB

KOMPAS.com - Sistem operasi (OS) baru bikinan Microsoft, Windows 11, dilaporkan laris manis di pasaran.

Hal ini terlihat dari tingkat adopsi Windows 11 yang diklaim dua kali lebih cepat ketimbang OS pendahulunya, Windows 10, sejak pertama kali dirilis ke publik.

Kabar ini diungkapkan langsung oleh Panos Panay selaku Chief Product Officer, Windows + Devices dalam sebuah posting di blog resmi Microsoft baru-baru ini.

"Sejak peluncuran Windows 11 pada Oktober, kami telah melihat permintaan dan preferensi yang kuat untuk Windows 11 dengan orang-orang yang menerima tawaran upgrade ke Windows 11 dua kali lipat dari yang kami lihat untuk Windows 10," tulis Panay.

Baca juga: Microsoft Umumkan Windows 11 SE, Apa Bedanya dengan Windows 11 Biasa?

Sayangnya, Panay tidak memberikan angka spesifik berapa persen tingkat adopsi Windows 11 yang disebut dua kali lipat dari Windows 10 itu.

Panay mengatakan, Windows 11 memiliki skor kualitas dan kepuasan produk tertinggi dari semua versi Windows yang pernah dirilis Microsoft ke penggunanya.

Windows 11 ter-install di 16 persen PC dunia

Meski tak diungkap oleh Microsoft, jumlah pengguna Windows 11 di dunia tergambar dari laporan terbaru AdDuplex, sebuah perusahaan yang menyediakan kerangka kerja (framework) iklan untuk aplikasi di Microsoft Store.

Menurut laporan dari AdDuplex, OS Windows 11 digunakan oleh 16,1 persen dari total keseluruhan pengguna Windows pada Januari 2022. Angka tersebut naik hampir dua kali lipat, dari 8,6 persen pada November 2021 lalu.

Windows 11 sendiri baru resmi dirilis Microsoft ke penggunanya secara bertahap mulai Oktober 2021 lalu.

Tingkat adopsi sistem operasi Windows 11 dan Windows 10 pada PC yang ada di dunia.reports.adduplex.com Tingkat adopsi sistem operasi Windows 11 dan Windows 10 pada PC yang ada di dunia.
Meski tingkat adopsi Windows 11 sudah meningkat hampir dua kali lipat, menurut laporan AdDuplex yang sama, OS Windows 10 versi M21U (21H1) masih menjadi OS yang paling banyak terpasang pada PC berbasis OS Windows secara global.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.