Salah Beli Barang? Ini Syarat, Ketentuan, dan Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Kompas.com - 02/02/2022, 16:46 WIB

KOMPAS.com - Kejadian salah beli ketika berbelanja online di marketplace cukup kerap terjadi. Penyebab salah beli pun macam-macam.

Misalnya, calon pembeli mungkin tidak memperhatikan detail informasi barang saat memasukkannya ke keranjang belanja, ada juga salah pilih jenis barang, atau mungkin salah alamat pengiriman, dan sebagainya.

Untungnya, beberapa marketplace memiliki layanan untuk pembatalan pemesanan. Salah satu marketplace tersebut adalah Shopee.

Baca juga: Berapa Denda Telat Bayar Shopee PayLater?

Bahkan, pengguna Shopee juga bisa membatalkan untuk pesanan yang sudah dibayarkan lunas. Cara membatalkan pesanan di Shopee cukup mudah, namun Anda harus paham dulu kententuan pembatalan pesanan Shopee sebagai berikut:

Syarat, ketentuan, dan jenis pembatalan pesanan di Shopee

Setidaknya ada dua jenis pembatalan pesanan di Shopee yang bisa Anda lakukan, yakni pembatalan instan dan pembatalan non-instan, sebagaimana dikutip dari laman resmi Shopee.

Pembatalan instan merupakan jenis pembatalan yang bisa dilakukan secara langsung oleh pembeli sebelum penjual selesai mengatur pengiriman atau memasukkan nomor resi pengiriman.

Maksudnya, apabila penjual belum mengatur pengiriman barang, Anda sebagai pembeli bisa klik opsi batalkan pesanan yang ada di daftar pesanan barang Shopee.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Shopee PayLater

Lalu, pesanan bakal dibatalkan otomatis meski Anda sudah membayar pembelian barang. Ketika pembatalan diterima, uang pembelian bakal langsung otomatis masuk ke dompet digital ShopeePay milik Anda.

Sedangkan, pembatalan non-instan adalah jenis pembatalan Shopee yang bisa dilakukan dengan menunggu tanggapan dari penjual terlebih dahulu, karena penjual telah selesai mengatur pengiriman pesanan.

Jadi, Anda bisa klik opsi batalkan pesanan di Shopee, namun pemesanan tidak bisa langsung otomatis dibatalkan. Penjual akan mengonfirmasi lebih dulu untuk menerima atau menolak permintaan pembatalan itu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Shopee
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.