Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Laptop Gaming Baru Asus Meluncur

Kompas.com - 02/02/2022, 19:05 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asus mengumumkan lini laptop gaming barunya. Deretan laptop tersebut mencakup ROG Strix Scar 15 dan Scar 17, ROG Zephyrus M16, ROG Flow Z13, serta Asus TUF Gaming F15.

Asus melengkapi jajaran laptop gaming ini dengan prosesor Intel Core H series generasi ke-12 yang menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7.

Prosesor generasi terbaru ini menggabungkan kombinasi dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core) yang diklaim mampu menawarkan performa tinggi untuk memproses tugas-tugas berat serta efisiensi daya saat mengerjakan tugas ringan.

Intel Core i9-12900HK memiliki konfigurasi 14 core (6 P-core dan 8 E-core) dan 20 thread yang mampu dipacu hingga 5 GHz.

Konektivitas keempat lini laptop terbaru dari Asus ini mengandalkan port USB Type-C Thunderbolt 4 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Gbps.

Dengan kehadiran port Thunderbolt 4, pengguna bisa menghubungkan laptop ke monitor eksternal dengan dukungan hingga resolusi 8K.

Baca juga: Asus Luncurkan ROG Flow Z13, Tablet Gaming dengan GPU RTX 3050 Ti

Port ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengisian daya alternatif menggunakan power bank dengan keluaran daya hingga 100 Watt.

Keseluruhan jajaran laptop gaming ROG tersebut juga telah dilengkapi dengan MUX Switch, yaitu chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop.

MUX Switch diklaim mampu meningkatkan performa laptop sebesar 10 hingga 30 persen saat digunakan selama bermain game.

ROG Strix Scar 15 dan Scar 17

Laptop gaming Asus ROG Strix Scar 15 dan Scar 17.Asus Laptop gaming Asus ROG Strix Scar 15 dan Scar 17.

Secara keseluruhan, ROG Strix Scar 15 dan Scar 17 mengusung spesifikasi yang identik. Keduanya sama-sama dibekali prosesor tertinggi Intel Core i9-12900H.

Lini laptop ini telah mengusung chip grafis Nvidia GeForce RTX 3070Ti dan RTX 3080Ti, serta menggunakan sistem pendingin Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal.

Yang membedakan kedua laptop tersebut bisa ditemukan di sektor layar. ROG Strix Scar 15 hadir dengan ukuran layar 15 inci, sementara Scar 17 memiliki bentang layar mencapai 17 inci.

Baca juga: Laptop Asus VivoBook Pro 14 OLED Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Kedua layar tersebut diklaim dapat mendukung resolusi Full HD dengan refresh rate 300 Hz dan kualitas QHD dengan refresh rate 240 Hz.

Untuk menunjang kebutuhan gaming, Asus turut menyematkan Dolby Vision HDR dan Adaptive Sync untuk mencegah terjadinya efek screen tearing dan stuttering.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com