Besaran Dana, Syarat, dan Cara Daftar KIP Kuliah 2022

Kompas.com - 03/02/2022, 14:46 WIB

KOMPAS.com - Pendaftaran akun Kartu Indonesia Pintar untuk jenjang perguruan tinggi atau disingkat dengan KIP Kuliah, sudah dibuka sejak 2 Februari dan bakal berakhir pada 31 Oktober 2022.

KIP Kuliah sendiri merupakan program bantuan biaya pendidikan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi).

Bantuan tersebut bakal disalurkan pada siswa SMA yang memiliki potensi akademik baik dan ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi tapi kurang mampu secara finansial.

Bagi calon penerima KIP Kuliah 2022, bakal mendapatkan bantuan berupa pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, bantuan biaya kuliah yang langsung dibayarkan ke kampus, dan bantuan biaya hidup selama kuliah.

Baca juga: Uang Tabungan Kuliah Puluhan Juta Rupiah Habis untuk Main Game FIFA

Besaran bantuan biaya kuliah dan biaya hidup KIP Kuliah 2022 yang diterima bakal berbeda-beda. Besaran biaya kuliah itu disesuaikan dengan akreditasi dari program studi. Sedangkan besaran biaya hidup terbagi jadi lima klustrer, yang dihitung dari indeks harga daerah.

Selengkapnya, berikut besaran bantuan biaya kuliah dan biaya hidup KIP Kuliah 2022:

Bantuan biaya kuliah KIP Kuliah 2022

  • Bantuan biaya kuliah pada program studi terakreditasi A: maksimal Rp 12 juta per semester
  • Bantuan biaya kuliah pada program studi terakreditasi B: maksimal Rp 4 juta per semester
  • Bantuan biaya kuliah pada program studi terakreditasi C: maksimal Rp 2,4 juta per semester

Bantuan biaya hidup KIP Kuliah 2022

  • Biaya hidup kluster 1: Rp 800.000 per bulan
  • Biaya hidup kluster 2: Rp 950.000 per bulan
  • Biaya hidup kluster 3: Rp 1,1 juta per bulan
  • Biaya hidup kluster 4: Rp 1,25 juta per bulan
  • Biaya hidup kluster 5: Rp 1,4 juta per bulan

Sebagaimana dikatakan oleh Muni Ika, Sub Koordinator KIP Kuliah, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek lewat kanal YouTube Puslapdik Kemendikbudristek, besaran bantuan biaya tersebut telah dinaikkan dari tahun anggaran sebelumnya.

Pada tahun anggaran 2020, besaran bantuan biaya kuliah KIP Kuliah yang diberikan dipukul rata sebesar Rp 2,4 juta per semester. Sedangkan besaran bantuan biaya hidup, disamakan untuk semua daerah, yakni Rp 700.000 per bulan.

Ilustrasi pendidikan tinggi.UNSPLASH/ELEMENT5 DIGITAL Ilustrasi pendidikan tinggi.

Tidak semua siswa SMA bisa mengajukan pendaftaran KIP Kuliah 2022. Ada beberapa syarat penerima KIP Kuliah yang harus dipenuhi terlebih dulu. Adapun syarat penerima KIP Kuliah 2022 adalah sebagai berikut:

Syarat penerima KIP Kuliah 2022

  • Siswa SMA/SMK/sederajat yang akan lulus pada tahun 2022 atau yang telah lulus dua tahun sebelumnya, yakni 2021 dan 2020.
  • Memiliki potensi akademik yang baik
  • Memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah, seperti dokumen kepemilikan KIP, dokumen keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), Keluarga Pemegang Kartu Sejahtera (KKS), atau mahasiswa dari pasti sosial atau panti asuhan.
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.

Apabila semua syarat penerima KIP Kuliah 2022 telah dipenuhi, siswa dapat mendaftar akun KIP Kuliah secara mandiri. Cara mendaftar KIP Kuliah cukup mudah tapi ada beberapa data diri yang perlu dilengkapi, seperti NIK, NISN, dan sebagainya.

Baca juga: Alasan Zoom Banyak Dipakai untuk Rapat hingga Kuliah dari Rumah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.