Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan agar Update Windows Terpasang Sepenuhnya?

Kompas.com - 03/02/2022, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Pengguna laptop dengan sistem operasi Windows, seringkali mendapati laptop miliknya tengah melakukan update.

Update ini tentu dilakukan agar Windows tetap dalam kondisi yang paling mutakhir. Update tersebut biasanya membawa sejumlah peningkatan, seperti fitur baru hingga menambal celah keamanan atau bug.

Namun, tahukah Anda berapa lama proses update yang ideal agar pembaruan dapat terinstal secara sempurna di perangkat?

Belakangan diketahui bahwa dibutuhkan waktu setidaknya delapan jam agar update Windows benar-benar sukses terpasang di komputer pengguna.

Bila tidak, pengguna kemungkinan bakal menemui masalah seperti status pembaruan PC yang tidak mutakhir, meski sudah memasang update terbaru.

Hal ini diungkapkan langsung David Guyer, Program Manager for Windows Updates in Endpoint Manager.

Baca juga: Microsoft Klaim Adopsi Windows 11 Lebih Cepat dari Windows 10

Dalam sebuah unggahan di situs web Komunitas Teknologi Microsoft, Guyer mengungkapkan bahwa perangkat Windows yang sedang memasang pembaruan memerlukan dua periode waktu dengan total delapan jam.

Pada masing-masing periode waktu, komputer pengguna harus secara terus-menerus menyala dan terhubung ke internet.

"Kami menyebut pengukuran ini sebagai Konektivitas Pembaruan (Update Connectivity), yaitu waktu (dalam jam) saat perangkat dihidupkan dan juga terhubung ke layanan Microsoft seperti Windows Update," tulis Guyer.

Periode waktu pertama mencakup waktu dua jam, lalu diikuti periode waktu kedua berdurasi enam jam setelah pembaruan dirilis. Jadi, bila ditotal, setidaknya komputer harus terhubung ke internet selama 8 jam agar update Windows sukses terpasang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.