Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Kampus Penerima KIP Kuliah 2022

Kompas.com - 03/02/2022, 17:32 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi siswa SMA yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, tapi kondisi ekonomi tidak memadai, kini bisa menggunakan Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP Kuliah untuk tahun 2022 sudah mulai dibuka pada tanggal 2 Februari hingga 30 Oktober mendatang. Ada beberapa bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh Kemendikbudristek lewat KIP Kuliah.

Penerima KIP Kuliah 2022 bakal menerima bantuan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, bantuan biaya kuliah, dan bantuan biaya hidup selama kuliah sesuai dengan ketentuan masa studi yang berlaku di tiap jenjang pendidikan.

Baca juga: Besaran Dana, Syarat, dan Cara Daftar KIP Kuliah 2022

Untuk jenjang pendidikan Sarjana dan Diploma Empat, bantuan dari KIP Kuliah hanya berlaku maksimal selama delapan semester. Untuk Diploma Tiga, KIP Kuliah berlaku maksimal selama enam semester.

Sedangkan pada jenjang Diploma Dua, KIP Kuliah maksimal berlaku selama empat semester. Sementara itu, KIP Kuliah sebagai program bantuan ini bisa dipakai pada semua jalur masuk perguruan. Baik lewat jalur SNMPTN hingga jalur mandiri.

KIP Kuliah 2022 dibukaDOK. Laman KIP Kuliah KIP Kuliah 2022 dibuka

Selain itu, KIP Kuliah juga bisa digunakan untuk kampus yang tergolong dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Namun, KIP Kuliah 2022 tidak bisa digunakan pada semua kampus.

Hanya kampus PTN atau PTS dengan program studi yang telah terakreditasi, yang bisa memperoleh KIP Kuliah.

Baca juga: Cara Cek NISN dan NPSN Sekolah untuk Daftar Akun LTMPT 2022

Jadi, sebelum menetukkan kampus mana yang bakal dipilih untuk melanjutkan studi, ada baiknya untuk mengetahui daftar kampus penerima KIP Kuliah 2022 terlebih dahulu. Berikut cara cek kampus penerima KIP Kuliah 2022:

  • Buka situs web berikut ini kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  • Pada halaman awal situs, klik tab menu "Profil Perguruan Tinggi"
  • Selanjutnya, bakal muncul tabel daftar nama kampus, program studi, serta akreditasinya
  • Jika ingin mengetahui informasi kampus lain secara cepat, bisa mencarinya lewat kolom pencarian yang tersedia di tabel tersebut.

Terpantau di situs tersebut, setidaknya terdapat 16.761 data kampus serta program studinya yang bisa dipilih buat menerima program KIP Kuliah 2022.

Sementara itu, jika merujuk pada data penerimaan SNMPTN tahun 2021, ada beberapa perguruan tinggi yang jadi kampus penerima KIP Kuliah terbanyak.

Dihimpun dari KompasEdu, berikut data kampus penerima KIP Kuliah terbanyak di SNMPTN 2021.

  1. Universitas Negeri Padang: 1.034 siswa
  2. Universitas Haluoleo: 1.013 siswa
  3. Universitas Malikussaleh: 938 siswa
  4. Universitas Negeri Gorontalo: 899 siswa
  5. Universitas Tadulako: 725 siswa
  6. Universitas Pendidikan Indonesia: 718 siswwa
  7. Universitas Jambi: 706 siswa
  8. Universitas Andalas: 700 siswa
  9. Universitas Nusa Cendana: 668 siswa
  10. Universitas Syiah Kuala: 651 siswa
  11. Institut Teknologi Sumatera: 643 siswa
  12. Universitas Sulawesi Barat: 637 siswa
  13. Universitas Tanjungpura: 583 siswa
  14. Universitas Lampung: 572 siswa
  15. Universitas Brawijaya: 551 siswa

Meski pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi dari berbagai jalur masih bakal berlangsung bulan depan, tak ada salahnya untuk mengetahui dulu kampus penerima KIP Kuliah 2022 sebagai bahan pertimbangan.

Mempersiapkan akun KIP Kuliah juga penting agar nanti tidak tergesa-gesa ketika pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi dibuka. Pendaftaran akun KIP Kuliah 2022 juga dilakukan lewat situs kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Baca juga: Rupilah, Aplikasi Buang Sampah Jadi Rupiah Buatan Mahasiswa Semarang

Sebelum mendaftar, pastikan bahwa syarat penerima KIP Kuliah 2022 telah dipenuhi, antara lain seperti penerima adalah siswa SMA angakatan lulus 2022 atau dua tahun sebelumnya, punya potensi akademik, siswa kurang mampu, dan sebagainya.

Informasi yang lebih lengkap bisa diakses lewat dokumen pedoman pendaftaran KIP Kuliah 2022 berikut ini. Demikian cara cek kampus penerima KIP Kuliah 2022, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com