Pertama dalam Sejarah, Pengguna Aktif Harian Facebook Turun

Kompas.com - 04/02/2022, 07:02 WIB

KOMPAS.com - Semenjak 2009, pengguna aktif harian (daily active user/DAU) Facebook dilaporkan selalu tumbuh setiap kuartalnya. Namun setelah 12 tahun, rekor itu nampaknya harus berhenti.

Sebab, pada kuartal IV-2021 ini, jumlah pengguna aktif harian Facebook untuk pertama kalinya dalam sejarah, dilaporkan menurun. Hal ini terungkap dalam laporan pendapatan tahunan Meta (dulu Facebook Inc.) untuk kuartal keempat 2021.

Pada tiga bulan terakhir tahun 2021 (Oktober, November, Desember), pengguna aktif harian Facebook tercatat 1,929 miliar orang.

Baca juga: Cara Download Facebook Story Lewat HP dan Komputer

Angka itu turun sedikit dari kuartal sebelumnya (Agustus, September, Oktober) di mana Facebook tercatat memiliki 1,93 miliar pengguna aktif harian.

Dalam konteks ini, pengguna aktif harian (DAU) adalah jumlah total pengguna yang mengakses Facebook, baik di web atau aplikasi ponsel, pada hari tertentu dalam periode tiga bulan terakhir 2021.

Biasanya, pengguna sudah bisa dianggap "aktif" hanya dengan melihat atau membuka Facebook.

Penurunan ini menandai pertama kalinya Facebook memiliki lebih sedikit DAU dalam satu kuartal, ketimbang kuartal sebelumnya.

Padahal semenjak pertama kali melaporkan jumlah pengguna harian pada 2009 silam, grafik pertumbuhan pengguna aktif harian Facebook selalu naik.

Grafik pertumbuhan pengguna aktif harian Facebook selama lebih dari 10 tahun terakhir.Quartz Grafik pertumbuhan pengguna aktif harian Facebook selama lebih dari 10 tahun terakhir.
Bila dikalkulasi, penurunan DAU Facebook pada kuartal keempat 2021 ini mencapai 1 juta pengguna.

Meski tak terlalu besar, penurunan ini disebut-sebut mencerminkan pergeseran pengguna yang lebih besar di platform Facebook itu sendiri, sebagaimana dihimpun dari Android Authority.

Baca juga: Libra, Proyek Mata Uang Virtual Facebook Batal Meluncur?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Quartz
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.